Cara instalasi / pasang Akses kontrol pintu


InfoSistemKeamanan.com - Akses kontrol adalah sistem keamanan yang dipasang pada sebuah pintu sehingga membatasi pengguna yang mengakses pintu tersebut. Banyak sekali dijumpai pada gedung-gedung perkantoran yang terpasang sistem keamanan akses kontrol ini, sehingga memberikan keamanan yang lebih untuk perkantoran mereka. Tidak semua orang bisa akses masuk atau pun keluar melalui pnitu yang terpasang sistem akses kontrol, karena pada pintu tersebut sudah dibatasi siapa saja yang boleh mengakses pintu tersebut.
" Apas saja perangkat yang dibutuhkan untuk memasang akses kontrol ? "
Cara pasang / instalasi akses kontrol pintu

Sistem akses kontrol pintu terdiri dari beberapa perangkat komponen, seperti Lock (kunci), Reader (panel akseskontrol), card (kartu), tombol exit button, power supply, battray, key switch dan glass break. Sebelum melangkah ke cara pasangnya, saya akan coba menjelaskan fungsi dan kegunaannya secara singkat dari masing-masing komponen tersebut.

Komponen-komponen akses kontrol pintu

Lock (kunci)
  • Komponen ini digunakan untuk mengunci pintu dan saling berhubungan dengan panel akses kontrol. banyak sekali macam-macam lock untuk akses kontrol, seperti drop bolt dan magnetic lock. kedua type tersebut dipasang menyesuaikan dengan pintu yang akan dipasang akses kontrol.
Reader (panel akses kontrol)
  • Reader bisa disebut juga dengan otak dari seluruh sistem akses kontrol. Karena alat ini mempunyai peran yang penting untuk menggerakkan semua komponen yang terpasang dipintu tersebut. Seperti membaca kartu, sidik jari serta pin.
Card (kartu)
  • Card/kartu dalam sistem akses kontrol berfungsi untuk membuka pintu. Bisa juga disebut kunci untuk sistem akses kontrol. Cara kerja kartu disini yaitu kartu harus sudah terdaftar di panel akses kontrol/reader, agar reader bisa membaca kartu tersebut sehingga reader akan berkerja untuk membuka lock/kunci pintu tersebut.
Exit Button
  • Digunakan untuk akses dari dalam, jadi apabila kita berada didalam ruangan yang pintunya terpasang akses kontrol, untuk membuka pintunya kita harus menekan tombol exit button ini.
Power Supply
  • Dari namanya aja kalian pasti semua sudah pada tahu fungsinya. yaitu memberi tegangan untuk sistem akses kontrol. Tegangan yang dibutuhkan untuk akses kontrol biasanya cuma sebesar 12 Volt saja.
Battray
  • Sesuai dengan namanya batrai berfungsi untuk membackup dari power supply, sehingga jika listrik mati akses kontrol masih tetap bekerja. Penempatan battray biasanya didalam power supply.
Key Switch
  • Fungsinya untuk mematikan semua perangkat akses kontrol, jadi alat ini seperti saklar dari semua sistem tersebut. Alat ini biasanya di pakai buat opsional saja, lebih baiknya di pasang semua untuk mengatasi apabila terjadi kerusakan pada reader dan pintu bisa dibuka dengan key switch ini.
Glass Break
  • Alat ini berperan juga cukup penting dan fungsinya pun hampir sama dengan exit buttton. Yang membedakan alat ini digunakan jika dalam keadaan darurat saja. Untuk cara pemakaiannya biasanya ditarik atau diepcahkan.
Cukup singkat bukan penjelasan tentang fungsi dari masing-masing perangkat akses kontrol ? Selanjutnya saya akan memberikan gambar wiring diagram berserta keterangannya tentang cara pasang akses kontrol pintu. Gambar ini mungkin cukup sederhana sekali tetapi saya buat sejelas mungkin agar kalian mudah membaca dan memahami tentang gambar tersebut.
Cara pasang / instalasi akses kontrol pintu

Pada gambar diatas sudah sangat jelas sekali cara menghubungkan dari masing-masing komponen ke panel akses kontrol/reader. Mungkin sedikit akan saya jelaskan bagian terpenting dari wiring di atas. Untuk menhindari konlseting, usahakan glass break dan key lock dipasang pada minus (-) tegangan. Warna-warna kabel diatas hanya untuk memudahkan kalian saja membaca wiring diagram tersebut.

Biasanya pada alat reader sudah ada warna kabel dan keterangannya sendiri pada bagian belakangnya. mungkin cukup ini saja penjelasan tentang wiring diagram diatas. Jika kalian kurang jelas atau masih belum mengerti silahkan bertanya langsung kepada saya melalui kolom komentar dibawah. Semoga postingan artikel ini bermanfaat bagi kita semua, terima kasih.

1 Response to "Cara instalasi / pasang Akses kontrol pintu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel