Cara memperbaiki cctv rusak dengan mudah

InfoSistemKeamanan.com - Cctv sangatlah penting bagi kalangan masyarakat bahkan hampir setiap tempat seperti toko, kantor, rumah dan lain-lain terpasang cctv sebagai pelengkap keamanan.

tutorial memperbaiki cctv bermasalah


CCTV (Close Circuit Television) adalah kamera pengintai yang aktif 24 jam untuk mengawasi area sekitar yang telah ditentukan areanya. Sehingga area tersebut dapat terpantau sepenuhnya dan kita bisa lihat di layar tv tanpa kita langsung cek ke area tersebut. Bahkan cctv sekarang kita juga bisa lihat melalui smartphone ketika kita sedang tidak ada di lokasi yang terpasang kamera cctv. Dengan catatan perekam cctv tersebut harus terkoneksi dengan jaringan internet.

Baca juga : cara setting online kamera cctv

Seiring banyaknya cctv di kalangan masyarakat, banyak juga hal-hal atau masalah yang sering terjadi di kamera cctv. Disini saya akan menjelaskan beberapa kendala yang sering terjadi di kamera cctv sekaligus cara memperbaikinya.

1. Kamera cctv mati dan tidak tampil di monitor

Sebelum memastikan cctv itu rusak langkah pertama yang kita ambil adalah cek sumber tegangan kameranya terlebih dahulu. Test pasang untuk kamera lain yang masih menyala apakah mati atau nyala, kalau mati sudah dipastikan sumber tegangan dari kamera tersebut rusak atau harus diganti. Tetapi sebaliknya kalau sumber tegangan tersebut kita pasang di kamera yang normal tetap nyala kameranya, kita ambil langkah kedua yaitu cek kameranya. Caranya copot kamera yang mati pasang di titik lokasi kamera yang berbeda apakah mati atau nyala. Kalau mati sudah dipastikan kameranya yang rusak dan harus diganti. Sedangkan kalau nyala berarti tidak ada masalah dikameranya sehingga sudah dipastikan kamera tersebut mati karena kabelnya yang rusak.

2. Hardisk cctv tidak merekam di penyimpanan

Langkah yang pertama kita ambil cek status hardisk di menu perekam, caranya masuk menu perekam kemudian cari menu HDD cek status hardisk apakah terdeteksi atau tidak. Kalau tidak terdeteksi coba ganti adaptor perekam dengan adaptor camera apakah terdeteksi. Kalau misalkan belum terdeteksi juga sudah dipastikan kalau hardisk di perekam tersebut rusak.

3. Gambar kamera cctv di monitor bergelombang atau grounding

Gambar grounding disebabkan karena dari 2 hal, yaitu kabel cctv yang instalasinya nempel pada tegangan listrik tinggi sehingga terjadi interferensi antara kabel cctv dan kabel listrik tegangan tinggi tersebut. Kedua yang menyebabkan gambar bergoyang yaitu dari kabel cctv sendiri yang usia pemasangannya sudah cukup lama. Untuk memperbaikinya langkah pertama pastikan kabel cctv tidak berdempet langsung dengan kabel listrik tegangan tinngi. Kemudian ganti sumber tegangan  kamera apakah sudah normal atau belum. Kalau masih belum normal berarti sudah dipastikan bermasalah pada kabel cctv nya. Ganti kabel cctv nya dan masalah terselesaikan.

Mungkin itu dulu beberapa masalah yang sering terjadi pada kamera cctv sampai saat ini. Intinya untuk mendapatkan hasil maksimal dari gambar kamera cctv kita harus benar dalam instalasi awal pemasangan cctv. Apabila ada pertanyaan mengenai masalah lain dari cctv bisa berkomentar dibawah atau bisa hubungi saya langsung melalui contact us yang sudah ada diatas.

4 Responses to "Cara memperbaiki cctv rusak dengan mudah"

  1. Cctv sy ngak bisa direset, ngak ada respond sama sekali

    ReplyDelete
  2. Cctv sy ngak bisa direset, ngak ada respond sama sekali

    ReplyDelete
  3. lalu yang mana yang masuk judul ini : " Baca juga : Cara mengatasi hardisk cctv rusak,"

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel