Cara Merakit Alarm Albox ACP 811 Lengkap

InfoSistemKeamanan.com - Merakit alarm tidaklah hal mudah bagi pengguna yang baru mencoba merakit sendiri. Banyak orang bertanya,

" Apa bisa kita merakit alarm albox sendiri ? "

Pertanyaan diatas tentu saja bisa kalian lakukan sendiri. Dalam merakit alarm albox kita harus memperhatikan sistem NC (Normaly Close) dan NO (Normaly Open). Apa sih sistem NC dan NO itu ? Mungkin kalian akan bertanya-tanya tentang kedua sistem ini. Sebelum melangkah lebih jauh saya akan menjelaskan tentang kedua sistem tersebut.

Penjelasannya cukup singkat saja NC atau normaly close berarti tertutup sehingga arus mengalir, karena terhubung biasanya digunakan untuk pemasangan sensor seperti magnetic, pannic button dan PIR. Sedangkan NO atau normaly open berati terbuka sehingga arus tidak mengalir karena tidak terhubung biasanya digunakan untuk pemasangan sensor alarm seperti smoke detector.

Kalau kalian belum paham 2 istilah tersebut langsung saja kita ke cara merakitnya. Dibagian ini kalian nanti mungkin akan paham untuk membedakan mana yang NC dan mana yang NO.

Cara Merakit Alarm Albox ACP 811

1. Merakit keypad alarm

Cara Reset Dan Merakit Alarm Albox ACP 811a Lengkap

Perhatikan gambar diatas, untuk keypad alarm mempunyai 5 soket dibelakangnya untuk dikoneksikan pada panel. 5 soket tersebut yaitu, Power 12V, GND, CLOCK, DATA, dan MIC. Untuk mengkoneksikannya silahkan samakan seperti gambar diatas. Mic digunakan untuk merekam suara, apabila menggunkan MIC tinggal dihubungkan saja soketnya ke terminal nomer 14 di panel alarm.

2. Merakit Sirine

Cara Reset Dan Merakit Alarm Albox ACP 811a Lengkap

Untuk merakit sirine cukup mudah sekali yaitu tinggal menghubungkan kabel (-) ke terminal panel nomer 5 dan yang (+) keterminal panel nomer 8. Ingat jangan sampai terbalik ya. Untuk penggunaan lebih dari satu sirine tinggal kalian paralel aja sesuai gambar.

3. Merakit sensor pada zona alarm 

Cara Reset Dan Merakit Alarm Albox ACP 811a Lengkap

Setelah kalian lihat gambar diatas saya yakin pasti kalian paham mana sistem NC dan mana sistem NO seperti yang saya jelaskan di awal tadi, dan bagai mana cara pasang sisten NO/NC tentu kalian juga sudah paham.

Pada sensor alarm PIR dan SMOKE, sensor tersebut membutuhkan tegangan 12V, untuk tegangan power tersebut harus menambahkan power external sendiri bisa pakai adaptor. Atau bisa juga kita ambil powernya dari panel alarm, tetapi lebih direkomendasikan pakai power external sendiri ya.


" Apa bisa satu zona di pasang 2 sensor atau lebih ? "


Jawabannya sangat bisa sekali tetapi dengan catatan zona yang akan dipasang lebih dari satu sensor, lebih baiknya sensornya harus sejenis.

Baca Juga : Cara setting zona program alarm Albox. Cara pasang sensor alarm albox lebih dari  1 sensor pada satu zona

4. Menyambungkan Alarm ke Line Telphone

Cara Reset Dan Merakit Alarm Albox ACP 811a Lengkap

Untuk merakit line telphone sendiri caranya juga mudah sekali, yaitu kabel line dari telphone koneksikan pada terminal panel nomer 31 dan 32. terminal ini letaknya paling ujung sendiri atau nomor 1 dan 2 dari belakang. Untuk pemasangan kabelnya bisa dibolak balik karena tidak ada (-) atau (+).

Baca juga : Cara mendaftarkan nomor hp ke alarm
Baca juga : Cara setting mastercode dan usercode alarm albox

Bagaimana, cukup jelas bukan penjelasan saya kali ini ? Kesimpulannya ketika kita merakit alarm harus diperhatikan terutama pada pemasangan sensor. Pemasangan sensor mempunyai sistem sendiri-sendiri yaitu NC dan NO. Tidak kalah lagi pentingnnya yaitu pemasangan powernya, harus benar-benar diperhatikan (-) dan (+) biar tidak terjadi konsleting. Sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

1 Response to "Cara Merakit Alarm Albox ACP 811 Lengkap"

  1. Wrongdoing rates everywhere throughout the world have been consistently expanding through the previous quite a while, and it is imperative to know the various sorts and highlights of individual alarms.set alarm for 30 minutes

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel