Cara Setting Fingerprint SPC 8000 Smart Series

InfoSistemKeamanan.com - Pada postingan sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang mengenal produk fingerprint spc dan cara setting jam kerja karyawan mesin absensi spc. Pada postingan kali ini saya juga akan membahas tentang cara setting jam kerja karyawan tetapi dengan type fingerprint yang berbeda. Yang membedakan kalau sebelumnya menggunakan software dikomputer, untuk type ini langsung setting di mesin absensinya.


Cara Setting Jam Kerja Fingerprint SPC 8000 Smart Series


Fingerprint SPC 8000 Smart series memiliki kapasitas 1000 user dengan kapasitas record 100.000 data absensi. Fingerprint ini metode absensi nya menggunakan PIN, kartu dan sidik jari. Bisa di bilang mesin absensi yang paling simple diantara lainnya. Karena untuk menarik data serta setting jam kerja karyawan tidak perlu menggunakan software di komputer melainkan hanya menggunakan flashdisk yang langsung dihubungkan ke mesin absensinya.

Namun untuk type ini memiliki kekurangan yaitu setiap sidik jari yang terdaftar hanya bisa diterapkan satu shift saja beda dengan type lain yang bisa beberapa shift. Saya pribadi sudah pernah mencoba satu sidik jari saya kasih shift yang berbeda yaitu shift 1 dan shift 2. Kemudian saya mencoba menarik data record absensinya dan ternyata di data hasil recordnya hanya satu shift saja yang ke record jam kerjanya. Langsung saja untuk cara settingnya sebagai berikut.

1. Mengatur jam kerja karyawan

Cara Setting Jam Kerja Fingerprint SPC 8000 Smart Series


  • Masuk menu tekan tombol "Menu" pada keypad mesin absensi
  • Pilih menu "Shift" dan pilih "Ubah Shift"
  • Setelah masuk ubah shift pilih shift yang akan dirubah jam kerjanya. Misalkan kalian akan mengganti jam kerja shift 1, Caranya tekan "OK" pada shift satu kemudian pilih hari kerja yang akan dirubah. 
  • Kemudian ubah jam kerja untuk "Sesi 1" menjadi jam masuk kerja dan jam pulang kerja, sebagai contoh 07:00 - 16:00. Cara merubahnya arahkan menggunakan tombol "OK" ke settingan jam Kemudian rubah dengan menekan keypad dan sesuaikan jam kerjanya.
  • Kalau sudah dirubah semua pada "Sesi 2" dan "Sesi 3" ubah jam nya menjadi 00:00 semua. Perlu diketahui "Sesi 3" digunakan apabila ada lembur di sistem kerjanya, kalau tidak ada lembur dibikin 00:00 saja.
  • Setelah selesai tekan tombol "ESC" pad keypad untuk kembali memilih hari kerja, Kemudian ubah semua jam kerja setiap hari kerja yang berlaku.
Note : Setiap hari kerja yang berlaku, jam kerjanya harus disamakan semua seperti hari senin yang disetting awal tadi
  • Setelah selesai merubah jam kerja setiap harinya tekan back kemudian tekan "OK" untuk menyimpan shift pertama. Apabila ada 2 shift silahkan ubah seperti cara merubah shift 1 tadi.

2. Mendaftarkan Karyawan 

Cara Setting Jam Kerja Fingerprint SPC 8000 Smart Series


  • Langkah pertama sama yaitu masuk menu terlebih dahulu dan pilih menu "Atur User"
  • kemudian pada tampilan menu atur user pilih "Tambah User" kemudian tekan "OK"
  • Pada urutan paling atas yaitu nama user, tekan ok pada nama user dan ketikkan nama karyawan yang akan didaftarkan.
  • Untuk cara mengetikan nama mungkin berbeda dengan mengetik pesan di hp, caranya yaitu pilih huruf pertama nama karyawan yang didaftarkan. saya ambil contoh nama saya sendiri fajar. Huruf pertama "F", kemudian cari huruf "F" pada keypad dan ternyata letaknya di angka 3, tekan angka 3 kemudian tekan ok. Nah langkah selanjutnya setelah menekan ok pada keypad angka 3 akan muncul beberapa huruf yang atasnya ada angkanya "DdEeFf" dan masing-masing huruf angkanya 123456. Kemudian untuk memilih huruf "F" besar tekan tombol angka 5 pada keypad dan huruf "F" akan muncul di papan ketik display. Setelah itu tekan huruf selanjutnya yaitu huruf "A". Caranya sama tekan angka 2 pada keypad kemudian akan muncul huruf-huruf dan diatasnya ada angkanya dan pilih sesuai hurufnya.
  • Setelah memasukan nama user tekan "ESC" satu kali
  • Kemudian tekan tombol arah kebawah pada keypad untuk mendaftarkan sidik jari. Kemudian untuk mendaftarkan pin tekan tombol kebawah lagi pada keypad dan cari "PIN"
  • Kemudian tekan lagi kebawah untuk menetapkan shift nya. biasanya defaultnya "Shift 1". nah disinilah kekurangannya jadi setiap sidik jari yang terdaftar hanya bisa memilih 1 shift saja.
  • Seteleh selesai mendaftarkan 1 user tekan lagi "ESC" dan tekan "OK" untuk menyimpan kemudian daftar kan karyawan yang ke 2.

3. Menarik Data Absensi

Cara Setting Jam Kerja Fingerprint SPC 8000 Smart Series


  • Pertama kali tancapkan flashdisk pada sisi samping mesin absensi
  • Kemudian masuk menu dan cari menu "Laporan"
  • Setelah masuk menu laporan disitu akan ada 2 jenis laporan yang akan ditarik yaitu laporan clock/jam. laporan detail dan laporan bulan. Ketiga laporan ini bisa ditarik semua datanya tinggal selera kalian aja mana yang mudah untuk dibaca hasil record data absensinya. Hasil recordnya sendiri berupa file excel.
  • Kemudian setelah memilih jenis laporan tekan ok dan tentukkan tanggal/bulan/tahun yang akan di tarik data absensinya. kemudian klik "ESC" dan tekan "OK" tunggu sampai proses selesai.
  • Setelah selesai cabut flashdisk dan tancapkan ke komputer.

Note : Setiap 1 bulan sekali atau 2 bulan sekali harus menghapus data absensi yang tersimpan di mesin absensinya dengan catatan absensi sebelumnya sudah dipastikan data record absensinya sudah dipindahkan ke komputer semua. Hal ini dilakukan agar data absensi dibulan selanjutnya tetap bisa tersimpan, karena mesin absensi mempunyai batas kapasitas penyimpanan dan hal ini berlaku untuk semua type mesin absensi spc.

Bagaimana cukup simple bukan untuk cara setting jam kerja karyawan pada mesin absensi type smart series, perlu di ingat setiap selesai mendaftarkan karyawan atau membuat shift alangkah baiknya data karyawan dan shift harus di backup di flashdisk. Untuk cara backupnya sendiri sangat mudah, di masing-masing menu user dan shift sudah ada menu "Download User" dan "Download Shift". Cukup sampai disini saja postingan kali ini, bagi yang kurang jelas bisa tinggalkan komentar dibawah ini. Sekian dan terimakasih.

20 Responses to "Cara Setting Fingerprint SPC 8000 Smart Series"

  1. fingerprint? go check : http://achmad-tri-fst13.web.unair.ac.id/artikel_detail-223325-BISNIS%20ONLINE-8%20Langkah%20Penggunaan%20Mesin%20Absensi%20Fingerprint%20Untuk%20Pemula!.html

    ReplyDelete
  2. Kenapa tidak muncul jam masuk dan keluar karyawan..atau bagaimana cara memunculkan jam masuk dan keluar karyawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya apa sudah di atur untuk shift jam kerjanya gan ?

      Delete
    2. setting shift jam kerjanya seharusnya bagaimana ya?

      Delete
    3. sesuaikan sama jam kerja yang berlaku

      Delete
  3. pak kalau sudah ganti tahun, koq tahun nya tidak berubah. saya sudah hapus log enrol

    ReplyDelete
  4. kalau setting tulisan none di albox 811 diisi apa ya

    ReplyDelete
  5. salam, saya sudah coba download laporan tapi kok tidak keluar jam berapa2 nya

    ReplyDelete
  6. selamat malam, download laporan tahun 2020 mau saya ubah ke 2021 koq tidak bisa ya, yg bisa diubah cuma bulan dan tanggal
    kalau tidak ada solusi, terpaksa di anggurin nih fingerprint, beli merk lain aja

    ReplyDelete
  7. bang cara menambahkan shfit khusus buat karyawan khusus
    semisal
    - shift 1 jam 07:00 sd 12:00
    - shift 2 jam 13:00 sd 19:00
    - shift 3 jam 20:00 sd 06:00

    nah untuk shift khusus jam 09:00 sd 15:00 dan jam 10:00 sd jam 16:00
    cara menambahkan gimana ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk finger printt smart series tidak bisa paki shift ya pak... jadi 1 orang nggak bisa double shift...

      Delete
  8. Mau nanya cara reset ulang mesinnya gimana ya? Hard restart, soalnya yg bs akses udah resign

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau type smart ada kodenya,, silahkan kontak technical supportnya SPC,,,

      Delete
  9. Kalo tidak bisa masuk kemenu bagaimana pak? Mohon bantuannya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reset password loginnya gan pakai master password biasanya..

      Delete
    2. masterpasswordnya apa ya pak?

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel