Cara memperpanjang kabel HDMI dengan HDMI Extender

InfoSistemKeamanan.com - Untuk membuat tampilan CCTV atau untuk menampilkan lainnya agar memperoleh kualitas gambar yang jernih dan bagus di monitor tentu saja kalian harus menggunakan kabel HDMI. Berbeda dengan kabel input ke monitor lainnya yang menggunakan kabel VGA atau menggunakan AV, kualitas gambarnya tidak sejernih dengan menggunakan kabel HDMI.

Kabel HDMI yang bagus adalah kabel hdmi yang bisa menampilkan kualitas gambar 4K. Tetapi untuk mendapat hasil yang maximal TV monitor juga harus sudah support 4K. Kabel HDMI mempunyai panjang yang bervariasi, mulai dari 1,5meter, 3meter, 10meter hingga ada yang mencapai 30meter. Untuk lebih dari 30meter mungkin kualitas gambar akan turun, untuk mengatasi hal tersebut disini saya akan mencoba menjelaskan tentang bagaimana cara memperpanjang kabel HDMI lebih dai 30meter.

Cara memperpanjang kabel HDMI dengan HDMI Extender

Tentu saja kalian tidak pernah asing dengan yang namanya converter, banyak sekali converter-converter yang digunakan untuk tampilan output monitor, seperti kabel HDMI to VGA, HDMI to RCA atau AV atau juga sebaliknya dari kedua converter tersebut. Tetapi pada artikel kali ini saya tidak akan membahas tentang converter tersebut, melainkan saya akan membahas tentang HDMI extender yaitu menggunakan kabel LAN to HDMI. bagaimana caranya ? Silahkan simak berikut ini

Cara mempepanjang kabel HDMI dengan HDMI Extender

HDMI extender memilki satu pasang perangkat, yaitu transmitter dan receiver. Untuk mendapatkan HDMI extender kalian bisa membelinya di toko-toko online seperti tokopedia, bukalapak, dan toko online lainnya. Atau juga kalian juga bisa membelinya di toko-toko offline yang menjual barang elektronik seperti CCTV, komputer dan sejenisnya. HDMI extender memiliki berbagai macam variasi untuk menyesuaikan seberapa jauh keperluan kita untuk memperpanjang kabel HDMI ke TV monitor. Berikut komponen-komponen yang digunakan untuk memperpanjang kabel HDMI

  • Kabel HDMI
  • Kabel LAN Cat5e/6
  • HDMI Extender

Untuk type HDMI extender ada yang bisa sampai 150 meter, semakin panjang kebutuhan kita tentu saja semakin besar juga biaya yang kita keluarkan. Untuk memperpanjang kabel HDMI kita juga harus memperhatikan penggunaan kabel LAN, untuk kabel LAN yang digunakan direkomendasikan menggunakan kabel LAN Cat6 karena kecepatan datanya lebih besar dibanding kabel LAN Cat5e. Selain itu dengan menggunakan kabel LAN cat6 tentu juga bisa lebih jauh untuk memperpanjang kabel HDMI nya.

Berikut untuk skema wiring pemasangan HDMI extender menggunakan type yang 50meter.

Cara memperpanjang kabel HDMI dengan HDMI Extender

Setelah melihat skema wiring di atas bisa kita simpulkan, sesuai penjelasan saya sebelumnya dengan menggunakan kabel LAN Cat 6 tarikannya bisa lebih panjang dibanding dengan menggunakan kabel LAN Cat5e. Perlu diperhatikan pada masing-masing HDMI extender ada port HDMI input dan HDMI output, usahakan untuk penempatannya jangan sampai terbalik, yaitu untuk port HDMI input dipasang di dekat perangkat yang akan diperpanjang tampilan kemonitornya dan untuk port HDMI output dipasang didekat TV monitor.

Sangat jelas bukan penjelasan saya tentang cara memperpanjang kabel HDMI dengan menggunkan HDMI extender. Mungkin cukup itu dulu penjelasan dari saya, jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan saja melalui komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Baca juga : Cara instal aplikasi android di STB Indihome tanpa root

6 Responses to "Cara memperpanjang kabel HDMI dengan HDMI Extender"

  1. min mau tanya untuk instalasi nya apakah perlu ada jaringan internet/wifi
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. Apakah tx dan rx harus dengan spesifikasi yang sama?
    Misal tx kapasitas 150 meter apakah harus dipasangkan dengan rx 150m? Ataukah bisa tx 150m rx 60m?

    ReplyDelete
  3. gan untuk extender nya merk apa ya kalo untuk extender, soal nya saya beli extender hdmi 60m hanya bisa di laptop ke laptop , untuk nvr ke monitor tidak mau konek

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel