Cara memperpanjang kabel LAN untuk IP Camera CCTV

InfoSistemKeamanan.com - Kabel LAN pada umumnya digunakan untuk koneksi jaringan internet. Pada sistem cctv ada juga yang menggunakan kabel LAN sebagai media output videonya. Untuk maximal panjang kabel LAN biasanya sudah dibatasi dengan maximal 100meter saja. Mungkin untuk penggunaan sebagai pembagi jaringan internet di sebuah lokasi panjangnya tidak sampai 100meter. Tetapi sebaliknya pada sistem cctv mungkin juga bisa sampai lebih dari 100 meter penarikan kabelnya. Lalu bagaimana untuk mengatasi hal tersebut ?

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara memperpanjang kabel LAN untuk IP camera cctv dengan beberapa cara yang sudah pernah saya praktekkan dilapangan ketika saya instalasi IP camera cctv. Langsung saja untuk cara-caranya sebagai berikut.

Cara memperpanjang kabel LAN cctv dengan menggunakan POE Extender

Sudah tahukah kalian apa itu POE ? POE adalah singkatan dari Power Over Ethernet, yang berarti di dalam sebuah port switch sudah terdapat power tegangan yang berfungsi untuk mensupply tegangan untuk IP camera tersebut. Switch poe dibagi menjadi dua jenis yaitu POE biasa dengan POE Gygabyte. Apa perbedaan dari kedua jenis tersebut ? Yang membedakan dari keduanya adalah dari kemampuan untuk menerima beban bandwith dari sebuah perangkat.

Pada artikel sebelumnya sudah pernah saya bahas tentang cara instalasi IP camera cctv dengan benar. Di artikel tersebut mungkin kalian akan lebih jelas untuk kegunaan dari kedua jenis poe tersebut. Tetapi pada artikel itu kalian tidak akan mengetahui tentang cara memperpanjang kabel lan untuk ip camera cctv karena didalamnya saya jelaskan dengan menggunakan kabel LAN tidak lebih dari 100 meter. Untuk penarikan kabel LAN lebih dari 100 meter silahkan lihat topologi di bawah ini.


Pada gambar topologi di atas sudah sangat jelas sekali bagaimana cara pemasangan poe extender dengan benar. Mungkin saya akan lebih memperjelas lagi tentang pemasangan input output dari poe extender tersebut. Bahwasanya POE splitter digunakan untuk memperpanjang power dari switch poe sebelum dimasukkan ke IP camera. Pada bagian POE extender terdapat 2 port switch yang mungkin masing-masing sudah ada keterangan untuk input dan outputnya. Input dipasang kabel dari switch POE dan ouutpu dipasang untuk ke IP cameranya.

Perlu diketahui POE extender jangan kalian gunakan untuk memperpanjang antara switch dengan switch, karena jika switch poe yang kalian perpanjang sudah ada beban bandwithnya maka gambar yang dihasilkan oleh IP camera akan tersendat-sendat pada tampilan monitor. Hal tersebut terjadi karena POE extender sendiri belum mempunyai kemampuan untuk menerima bandwith yang besar sehingga imbasnya ke ouput tampilan gambar ip camera.
Note : Untuk perpanjangan kabel LAN menggunakan POE Extender lebih baik dipasang setiap per 95 meter panjang kabelnya agar mendapatkan hasil maximal. Dan untuk POE extender sendiri tidak menggunakan power tegangan karena sudah mendapat tegangan dari switch POE yang terpasang
Cara memperpanjang kabel LAN cctv dengan menggunakan Switch

Pada cara kedua ini mungkin tidak akan saya jelaskan lagi tentang apa itu switch poe, karena pada cara pertama sudah sedikit saya jelaskan tentang hal tersebut. Langsung saja untuk topologi perpanjangan kabel lan cctv silahkan kalian lihat gambar dibawah ini.


Perlu kalian ketahui bahwasanya untuk pepanjangan kabel LAN dengan menggunakan switch harus menggunakan jenis switch yang sama. Misalkan jika kalian menggunakan switch poe untuk pemasangan switch selanjutnya kalian juga harus menggunakan switch POE agar power yang dihasilkan dari switch POE pertama tetap stabil

Bagaimana cukup jelas bukan cara memperpanjang kabel LAN untuk pemasangan IP camera cctv ? Sekali lagi untuk semua penjelasan di atas adalah pengalaman pribadi saya yang sudah pernah saya praktekkan langsung di lapangan, dan untuk hasilnya pun tidak mengecewakan pada tampilan monitor. Kecepatan gambar tetap stabil mungkin terjadi sedikit dellay sekitar 1 detik saja. Hal tersebut sudah wajar untuk pemasangan IP camera karena sistemnya sudah menggunakan data atau bukan analog lagi.

Mungkin jika dari kalian memiliki cara yang berbeda untuk perpanjangan kabel lan ip camer cctv, silahkan berbagi pada kolom komentar dibawah ini. Siapa tahu ilmu kalian bermanfaat juga bagi kita semua. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga : Cara pasang video balun untuk pemasangan cctv analog, Cara pasang Camera speedoom PTZ,

14 Responses to "Cara memperpanjang kabel LAN untuk IP Camera CCTV"

  1. Gan, tanya..
    Misal utk kamera cctv analog,, bisa tdk jika memakai kabel LAN,, terus brp max panjang kabel LAN yg di jual? Dan berapa harga utk panjang max nya?
    Terimakasih gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan,, pakai video balun alatnya,,, untuk panjang maximalnya tergantung dari type video balunnya,, kalau biasa sya pakai video balun yang pasif jaraknya bisa sampai 150 meter.. kalau yang type aktif mungkin bisa lebih panjang lagi,,

      Delete
    2. Gan ini rencana mau pasang kamera di tambak, jaraknyakamera dangan msin sekitar 500 meteran. Kira² kamera yg cocok apa ya ?

      Delete
  2. Dari penjelasan pertanyaan diatas...
    Apa beda nya Balun Pasif dan Balun Aktif
    Terimakasih
    Sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Balun pasif tidak perlu adaptor, balun aktif perlu adaptor,

      https://www.infosistemkeamanan.com/2020/09/cara-pasang-video-balun-untuk-CCTV.html

      Delete
  3. Ipcam langsung kabel lan converter Hdmi ke tv lcd bisa gak ya?

    ReplyDelete
  4. mohon info ...
    apakah bisa menggunakan 2 unit PoE Extender sekaligus untuk memperpanjang kabel LAN..?
    ... sebelumnya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah coba... biasanya harus 1 pasang per kabel

      Delete
  5. unknown = Kreshna (klinarda@gmail.com)

    ReplyDelete
  6. Apa ada settingan nya di NVR nya untuk penggunaan kabel LAN

    ReplyDelete
  7. ada om... masing2 IP camera harus setting satu2

    ReplyDelete
  8. Semisalnya pasang ip camera (cctv werelles ) 2 sama sama di tancapkan ke swict hub bisa looping internetnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab, ipcam wless selama 1 jaringan dan terhubung masing-masing ip dan pasti konek ke NVR nya, yg penting password nya benar, looping enggak deh selama settingan nya sudah benar.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel