Cara merubah format kamera 4in1 di DVR SPC

InfoSistemKeamanan.com - Kamera CCTV 4in1 mungkin sudah tidak asing lagi bagi seseorang yang sudah lama mengenal tentang kamera cctv. Kamera 4in1 didesain untuk memudahkan kalian apabila memasang cctv dengan dvr lawas atau masih belum HD.

Tentu saja agar bisa dipasang di dvr lawas atau dvr yang belum HD, kamera tersebut perlu disetting formatnya terlebih dahulu. Sebelum melangkah ke cara settingnya mungkin saya akan menjelaskan sedikit tentang kamera 4in1 tersebut.

Pada kamera 4in1 terdapat 4 format kamera, yaitu AHD TVI CVI dan CVBS. Masing" format kamera tersebut semua sudah HD kecuali yang CVBS. Format CVBS biasanya dipakai untuk dvr lawas atau format kamera paling bawah. Gambarnya pun tak sebagus dari ke 3 format lainnya.

Untuk merubah format kamera ada 2 cara, yaitu melalui DVR atau melalui kameranya langsung. Disini saya akan menjelaskan kedua cara tersebut. Langsung saja untuk cara merubah formatnya akan saya jelaskan dibawah ini.

Merubah format kamera 4in1 melalui DVR

Sebelum merubah format kamera melalui DVR, pastikan DVR juga sudah support 4in1.  Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini

  • Langkah pertama klik 2x kamera yang akan dirubah formatnya sehingga tampil 1 layar penuh dimonitor
  • Kemudian klik kanan dan pilih Coaxial Control, pada coaxial kontrol klik Menu yang berada di tengah-tengah tombol atas bawah kanan kiri untuk masuk menu kamera
  • Setelah masuk menu kamera cari menu Video Setting/Format video atau output mode dengan menggunakan tombol atas bawah pada ptz kontrol dan pilih format video/output yang akan dipakai. Gunakan arah kanan kiri untuk memilih format video
  • Untuk enter/masuk menu video setting tekan tombol tengah seperti langkah ke 2, dan untuk menyesuaikan formatnya klik tombol kanan atau kiri.
  • Kemudian klik Save dan Exit setelah mengganti format kamera
Note : Jika tidak menemukan menu format video atau video setting, coba klik menu Adjust kemudian cari settingan untuk format kamera
Merubah format kamera 4in1 melalui kamera

Cara merubah format kamera 4in1 di DVR SPC

Untuk cara kedua ini cukup mudah saja, tapi perlu diketahui  untuk menggunakan cara kedua ini, pada kabel kamera harus ada tombol UTC controlnya yang kurang lebih contohnya seperti di atas. Untuk merubah formatnya langkah pertama colokan kamera ke dvr dan juga masukkan power supply untuk kameranya. Setelah itu kalian pilih formatnya dan arahkan UTC controlnya kearah format tersebut dan tahan selama 5 detik sampai kamera restart otomatis.

Bagaimana cukup mudah bukan untuk merubah format kameranya ? Kebanyakan pada kamera 4in1 sekarang jarang yang menggunakan tombol UTC control seperti cara kedua. Mungkin karena kamera 4in1 yang tanpa tombol UTC kelihatan lebih simple dibanding yang ada tombolnya.

Untuk DVR lain mungkin cara untuk merubah format kamera melalui dvr caranya sedikit berbeda. Namun pada intinya sama di dalam menu kamera cari video setting pasti di menu tersebut berfungsi untuk merubah format kameranya. Demikian tentang tutorial kali ini kalau kalian belum jelas silahkan bertanya langsung dikolom komentar. Terimakasih

Baca juga : Cara setting software SCMS dvr SPC di komputer

2 Responses to "Cara merubah format kamera 4in1 di DVR SPC"

  1. Kalau dvr nya lawas apakah bisa menseting kamera 4in1? Kemarin saya cari2 di menu gk ketemu-ketemu. Tapi belun sy coba d ptz nya sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya DVR lawasnya sudah 4in1 belum ya gan ? Soalnya kalau belum 4in1 nggak bisa rubah format camera

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel