Cara pasang camera PTZ Speedoom dengan benar

InfoSistemKeamanan.com - Dalam memasang camera PTZ speedoom banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah tegangan power supply yang dibutuhkan oleh kamera tersebut. Jika besar tegangan yang masuk ke dalam camera speedoom tidak sesuai dengan kebutuhan camera tersebut, maka PTZ control tidak akan bisa berjalan maximal ketika digerakkan.

Sebelum menuju ke cara pasangnya, terlebih dahulu kalian mengenali dulu apa itu camera PTZ. Camera PTZ (Pant Tilt Zoom) yang artinya bisa diarahkan kanan, kiri, atas dan bawah serta bisa memperbesar tampilan pada monitor. Camera ini memggunakan zoom optical sehingga ketika tampilan diperbesar tidak akan pecah untuk hasil gambarnya. Untuk zoom camera ptz memiliki beberapa kali zoom, ada yang 10x, 15x, 20x sampai dengan 40x zoom tinggal mengikuti sesuai dengan spesifikasi dari camera tersebut. Camera PTZ speedoom sangat cocok digunakan untuk area yang luas, sehingga dengan adanya fitur PTZ pada kamera tersebut area yang luas pun bisa tercover keseluruhan.

Selain itu camera ptz merupakan jenis camera cctv outdoor, sehing bisa tahan panas maupun hujan. Kamera speedoom PTZ juga dibagi menjadi 2, yaitu analog camera PTZ dan IP camera PTZ. Pada postingan kali ini saya akan membahas tenatang analog camera saja, karena untuk IP camera PTZ tidak ada yang perlu di setting hanya di add ke dalam NVR dan PTZ nya langsung berfungsi dan bisa di control.

Cara pasang camera speedoom analog PTZ

Cara pasang camera PTZ Speedoom dengan benar

Sesuai gambar di atas, selain terdapat video out dan kabel power pada analog terdapat 2 kabel lagi yang fungsinya untuk PTZ control. Kabel tersebut disebut dengan RS485 dimana terdapat (-) dan (+) yang harus dihubungkan ke DVR tepatnya dibagian belakang dvr. Untuk power supply PTZ usahakan terletak di sekitar dimana camera tersebut dipasang. Kenapa demikian ? Karena camera PTZ di dalamnya terdapat sebuah motor yang fungsinya untuk menggerakkan kamera, dimana motor tersebut membutuhkan tegangan yang sangat stabil agar fitur PTZ berfungsi dengan normal.

Perlu diperhatikan juga saat memasang kabel RS485 jangan sampai terbalik keterangan (-) dan (+) nya., karena jika terbalik PTZ control tidak akan berfungsi atau tidak bisa kalian gerakkan. Untuk menggerakan fitur PTZ tersebut kalian bisa masuk menu PTZ Control pada DVR kalian. Pada menu tersebut kalian bisa klik tombol atas bawah atau kanan kiri

Bagaimana cukup mudah bukan cara pasang camera speedoom PTZ ? Semoga postingan yang sangat singkat ini bisa membantu kalian bagi yang belum tahi tentang cara pasang camera PTZ analog. Selamat mencoba dan terimakasih.

Baca juga : Cara pasang IP Camera dengan benar, Cara reset IP Camera Hikvision,

0 Response to "Cara pasang camera PTZ Speedoom dengan benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel