Cara pasang IP Camera dengan benar

InfoSistemKeamanan.com - Lagi-lagi saya membahas tentang kamera cctv yang mungkin tidak kunjung habisnya seiring berjalannya teknologi sekarang. Seiring berkembangnya teknologi, cctv juga semakin banyak jenis-jenis dan type-type yang keluar.

Cctv dibagi menjadi 2 jenis yaitu cctv analog dan cctv digital. Kedua jenis tersebut, masing-masing mempunyai perbedaan yang mungkin sangat jauh bedanya. Mulai dari pengkabelan dan cara instalasinya pun sudah berbeda.

Kali ini saya akan membahas tentang cara pasang IP camera dengan benar. Bagi kalian yang baru mengenal ip camera bisa dilihat dibawah ini beberapa perbedaan dari ip camera dan analog kamera.

Perbedaan Analog Camera dan IP camera

Cara pasang IP Camera dengan benar

Analog Camera
  • Menggunakan kabel RG59/6
  • Menggunakan Konektor BNC
  • Menggunakan power supply
  • Menggunakan jack DC
  • Tidak ada slot memori card didalam kamera
  • Kualitas gambar tidak sebagus IP Camera

IP Camera
  • Menggunakan kabel UTP/LAN
  • Menggunakan konektor pin RJ45
  • Tidak membutuhkan power supply
  • Menggunakan switch POE
  • Kualitas gambar lebih bagus dari analog kamera
  • Bisa dipasang memori card  di kameranya
Mungkin itu saja beberapa perbedaan yang paling menonjol dari keduanya. Pada intinya kualitas gambar IP camera lebih bagus dari pada analog camera.

Cara Instalasi IP Camera

Sebelum melakukan instalasi pasang IP camera, kalian harus tau apa saja yang dibutuhkan untuk instalasi pasang IP camera, silahkan lihat wiring diagram instalasi IP Camera dibawah ini terlebih dahulu.
Cara pasang IP Camera dengan benar

Bisa dijelasakan dari gambar diatas bahwa untuk instalasi pasang kamera perangkat utama yang dibutuhkan yaitu kabel Lan, Switch Poe, NVR, dan IP camera. Untuk cara pasangnya gambarannya seperti itu. Jadi setiap kamera harus masuk ke switch poe agar mendapatkan power tegangan. Berikut penjelasan masing-masing perangkat tersebut

Kabel Lan
Hanya bisa digunakan maximal 100 meter untuk selebihnya bisa menggunakan repeater atau switch tambahan. Kabel lan di krimping menggunakan type straight lihat gambar dibawah ini untuk urutan kabelnya.

NVR
Network Video Recorder adalah perekam khusus untuk ip camera dan tidak bisa dipakai untuk analog kamera. Nvr memiliki type yang berbeda-beda yaitu 4  chanel, 8 chanel, 16 chanel, 32 chanel dan bahkan ada yang sampai 64 chanel. Hampir sama fungsinya seperti DVR untuk analog kamera yaitu untuk menyimpan rekaman dari setiap kamera.

Switch POE
Hampir sama seperti switch hub biasa, yang membedakan switch poe ini sudah ada power per portnya yang digunakan untuk power cameramya, jadi bisa disebut sebagai pengganti power supply. Switch poe terdiri dari beberapa port, yaitu ada yang 4, 8 16 dan 24 bahkan ada juga yang 48 port tinggal menyesuaikan saja jumlah kamera yang mau dipasang.

IP Camera
Mungkin untuk ip camera tidak perlu saya jelaskan panjang lebar, intinya perangkat ini adalah yang paling utama yang harus ada untuk pemasangan ip kamera. Ip kamera juga ada beberapa jenis resolusinya yaitu 2MP, 3MP, 4MP 5MP dan 8MP tergantung kebutuhan kalian saja. Tentu saja semakin besar resolusinya, semakin tinggi juga harganya.

Lihat lagi contoh pemasangan ip camera cctv dengan benar untuk gedung bertingkat.

Cara pasang IP Camera dengan benar

Setealh melihat wiring pemasangan IP camera diatas mungkin kalian bertanya-tanya kenapa kabel Lan yang dipakai ada 2 type ? Mungkin sedikit akan saya jelaskan bahwa koneksi antara IP Camera dengan switch POE disarankan mengunakan kabel Lan cat5e sudah cukup, jika menggunakan kabel Lan cat6 jauh lebih bagus. Kemudian untuk koneksi dari switch POE ke switch gigabyte atau koneksi antar switch harus menggunkan kabel Lan Cat6, karena bandwith ip camera yang dibawa atara switch dan switch sudah besar. Dan untuk penerima di server harus menggunakan switch gigabyte karena menerima beban bandwith banyak dari masing-masing switch POE.
Note : Untuk masing-masing lantai bukan satu kamera satu switch, melainkan bisa beberapa IP camera menyesuaikan dengan port switch Poe nya
Mungkin itu dulu penjelasan tentang cara pasang ip camera, bagi kalian yang kurang jelas bisa bertanya melalui kotak komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga : Cara reset IP Camera Hikvision

5 Responses to "Cara pasang IP Camera dengan benar"

  1. kalau dari NVR ke switch PoE apakah harus koneksinya ke port GE (gigabyte) atau bisa ke FE(10/100) saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih bagusnya pakai switch gygabite om.. atau bisa saja pakao POE yang bagian port up linknya

      Delete
  2. Bisa minta no TLP nya ga ? Mau bertanya langsung mengenai IP camera

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada di info contact sya om bagian bawah sendiri

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel