Cara pasang Video Balun CCTV mudah

InfoSistemKeamanan.com - Video balun cctv adalah sebuah alat converter yang berfungsi untuk memperpanjang tarikan kabel camera cctv analog dengan menggunakan kabel LAN. Pada umumnya dalam pemasangan camera cctv analog kabel yang digunakan adalah kabel coaxial. Tetapi untuk jenis-jenis kabel coaxial memiliki panjang tarikan maximal kabel tersendiri. Dengan menggunakan video balun selain kalian bisa mengconverter dari kabel LAN ke kabel Coaxial, kalian juga bisa memperpanjang tarikan kabel camera cctv analog hingga 1000 meter.


Tentu saja untuk tarikan yang begitu panjang hingga 1000 meter tersebut harus menggunakan video balun dengan type tersendiri. Video balun memiliki beberapa jenis yang nantinya akan saya jelas pada artikel kali ini. Selain kelebihan tersebut di atas, dengan menggunakan video balun kalian juga bisa menghemat biaya pemasangan cctv. Karena harga kabel coaxial lebih mahal dibanding dengan kabel LAN dan untuk harga video balun juga masih sangat terjangkau harganya.

Baca juga : Perbedaan kabel coaxial Rg59 dan Rg6,

Mungkin untuk tarikan kabel camera cctv menggunakan kabel video balun yang masih dibawah 100 meter tidak akan terasa murah untuk biaya kabelnya, namun ketika kalian menggunakan tarikan kabel di atas 100 meter dengan menggunakan video balun mungkin baru akan terasa murah untuk biaya material kabelnya. Untuk hasil yang maximal kalian juga harus memperhatikan kualitas kabel LAN yang akan kalian gunakan sebagai pengganti kabel coaxial. Kabel LAN yang bagus adalah kabel LAN yang memiliki resistansi kecil, semakin kecil resistansinya semakin bagus pula hasil gambarnya.

Jenis-Jenis video balun untuk CCTV

Balun adalah singkatan dari Balance Unbalance, dalam hal tersebut bisa dijelaskan bahwa video balun berfungsi merubah agar sinyal video dari kabel coaxial yang sifatnya unbalance dapat mengalir ke kabel LAN/UTP yanf sifatnya balance. Sebelumnya sudah saya singgung pada pembahasan saya di atas, bahwasanya video balun bisa digunakan untuk tarikan kabel hingga 1000 meter, namun untuk bisa mendapatkan tarikan panjang tersebut tentu saja harus menggunakan video balun dengan jenis tersendiri. Langsung saja video balun dibagi menjadi 2 jenis yaitu Pasif dan Aktif. Berikut penjelasanya serta cara pasangnya.

Video balun Pasif

Video balun pasif adalah video balun yang tidak memerlukan tegangan power DC 12Volt, dengan menggunakan video balun pasif kalian bisa mendapat tarikan panjang dari 300meter sampai dengan 400 meter saja. Untuk pemasangan video balun di pasang di dua sisi, yaitu sisi kamera dan sisi perekam cctv(DVR). Dan juga perlu diperhatikan (-) dan (+) nya Untuk lebih jelasnya berikut skema pasang video balun untuk jenis video balun pasif.

Cara pasang Video Balun CCTV

Video balun Aktif

Video balun aktif berbeda dengan sebelumnya, untuk jenis video balun ini memerlukan tegangan power DC 12Volt sehingga kalian bisa mendapat tarikan hingga 1000 meter. Tetapi untuk pemasangan tidak jauh berbeda dengan jenis video balun sebelumnya, yaitu sama-sama dipasang di 2 sisi, yaitu sisi kamera dan sisi dvr. Mungkin yang membedakan untuk pemasangannya adalah dengan menggunakan power DC 12Volt saja.

Cara pasang Video Balun CCTV

Sesuai dengan penjelasan cara pasang video balun di atas, perlu diperhatikan juga sistem Transmitter dan Receivernya. Transmitter dipasang di sisi cameranya dan untuk receiver dipasang pada sisi dvrnya. Mungkin hal tersebut berfungsi untuk pemasangan jenis video balun pasif saja, karena untuk video balun jenis pasif kebanyakan sudah menggunakan sistem Transreceiver yaitu kedua alat video balun tersebut bisa difungsikan sebagai transmitter dan receiver atau lebih jelasnya bisa di bolak balik.

Dari kedua jenis di atas, ada juga kombinasi untuk pemasangan video balun, dan untuk setiap kombinasi video balun tersebut tentu saja memiliki maximal panjang tarikan kabel LAN/UTP yang digunakan. Berikut beberapa kombinasi dan maximal panjang tarikannya.

  • Kombinasi video balun pasif dengan pasif maximal panjang tarikan 400 meter
  • Kombinasi video balun pasif dengan aktif maximal panjang tarikan 600 meter
  • Kombinasi video balun aktif dengan aktif maximal panjang tarikan 1000 meter

Bagaimana cukup lengkap bukan penjelasan saya mengenai video balun ? Intinya selama panjang tarikan masih memungkinkan untuk menggunakan kabel coaxial bisa saja menggunakan kabel tersebut. Namun juga harus kalian pertimbangan perbedaan biaya ketika kalian menggunakan kabel coaxial dengan kalian menggunakan video balun. Semoga postingan ini bermanfaat dan terimakasih.

4 Responses to "Cara pasang Video Balun CCTV mudah"

  1. I am just so glad I discovered Security Companies after i do. As a result of Protect United states I was able to pull off the DIY set up and also have the sensors lively exactly the same night time, though i figured we were going to go without having a home security systems process for some time. The digital cameras can be a nice feel and allow you to begin to see the outside of your dwelling without having to stage a foot outside the house.

    ReplyDelete
  2. It’s really such nice information to get advantage from.
    home security systems

    ReplyDelete
  3. This is one of the most important blogs that I have seen, keep it up!
    protect america reviews

    ReplyDelete
  4. It's not my very first time to visit this blog; I’m visiting this daily and acquire superb info from here day by day.
    check my blog

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel