Cara Setting NTP (Network Time Protocol) pada DVR Hikvision

InfoSistemKeamanan.com - NTP (Network Time Protocol) adalah sebuah server protokol yang digunakan untuk mensinkronsasikan waktu pada sebuah perangkat berbasis jaringan internet. Jika kalian pernah mensetting jam pada komputer, pasti kalian akan menemukan yang namanya ntp server ini. Seiring berkembangnya teknologi NTP server tidak hanya terdapat di perangkat komputer saja. Melainkan pada perangkat perekam cctv juga sudah tersedia fitur NTP server ini. Pada postingan kali ini saya akan membahas hal tersebut tentang bagaiman cara setting NTP server pada dvr hikvision.

Cara Setting NTP Server pada DVR Hikvision

Sangat penting penggunaan NTP untuk perekam cctv. Karena jika terjadi sesuatu kasus yang terekam cctv pasti waktu kejadian akan ikut dipakai sebagai barang bukti. Sebenarnya untuk mengatur jam perangkat perekam cctv kalian bisa juga memanfaatkan fitur Time Zone pada pengaturan jam di perangkat tersebut. Mungkin bagi orang yang belum tau seperti saya fitur Time Zone tersebut sudah dibilang pengaturan jam otomatis. Karena perangkat tersebut untuk jamnya sudah mengikuti waktu yang sudah ditentukan menurut wilayah masing-masing. Salah satu contoh wilayah indonesia yaitu dengan menggunakan time zone GMT+07.

Pernah saya mendapatkan pengetahuan bahwa pada saat mengatur jam pada sebuah perangkat, jika masih menggunakan fitur time zone tersebut, jam di perangkat tersebut belum bisa dikatakan sudah otomatis mengikuti server waktu di seluruh dunia. Kecuali jika kita mengatur jam pada sebuah perangkat dengan menggunakan fitur network time protocol (NTP) baru bisa dikatakan sudah otomatis karena sudah mengikuti server waktu seluruh dunia. Lalu bagaimana cara setting di perangkat cctv ? Berikut penjelasan saya tentang cara mengaturnya.

Cara setting NTP Server pad DVR Hikvision

Sebelum melakukan pengaturan jam pastikan perangkat cctv kalian sudah terhubung dengan jaringan internet karena untuk mengakses server NTP kita harus membutuhkan internet. Dan juga sebelumnya kita harus tahu dulu alamat server apa yang harus kita gunakan untuk mengatur jam pada dvr hikvision ini. Karena kita berada di negara indonesia tentu saja kita harus menggunakan ntp server indonesia juga. Untuk mengetahui alamat ntp server indonesia kalian bisa melihatnya di website NTP Pool Project. Cukup mudah sekali untuk cara setting ntp server di dvr hikvision.

  • Langkah pertama silahkan kalian masuk menu pengaturan di dvr Hikvision Menu - Configuration - Network - NTP 
Cara Setting NTP Server pada DVR Hikvision

  • Kemudian klik kotak kecil Enable NTP untuk mengaktifkan fitur ini. Selanjutnya isikan sesuai gambar dibawah ini
Cara Setting NTP Server pada DVR Hikvision


Note : Interval (min) adalah waktu untuk merefresh server NTP di perangkat kalian dengan hitungan per menit
  • Selanjutnya klik Apply

Untuk mengetest apakah pengaturan tersebut berhasil atau tidak silahakan rubah jam diperangkat kalian secara acak dan buat waktu interval sesingkat mungkin. Misakan kalian buat 2 menit saja agar kalian tidak kelamaan menunggu server NTP merefresh jam di perangkat kalian. Jika setelah 2 menit jam di perangkat kalian berubah mengikuti waktu setempat berarti pengaturan kalian sudah berhasil. Dan jika tidak berubah mengikuti waktu setempat maka silahkan kalian cek lagi apakah benar memasukkan server ntpnya.

Bagaimana cukup mudah bukan untuk mengatur ntp sever diperangkat cctv hikvision ? Semoga postingan kali ini bermanfaat, dan selamat mencoba. Terimakasih.

Baca juga : Cara setting email smtp dvr hikvision, Cara setting online cctv hikvision di android,

0 Response to "Cara Setting NTP (Network Time Protocol) pada DVR Hikvision"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel