Cara setting wifi dongle usb untuk UVR SPC

InfoSistemKeamanan.com - Pengertian wifi dongle usb adalah suatu perangkat yang berfungsi menangkap sinyal wifi untuk suatu perangkat sehingga perangkat tersebut dapat terhubung ke internet.

Wifi dongle usb kebanyakan dipakai untuk komputer PC yang belum support wifi. Di laptop pun juga bisa dipakai, jika wifi pada laptop tersebut sedang bermasalah sehingga perangkat inilah untuk mengatasi solusi tersebut.

Pada postingan kali ini saya tidak akan membahas cara setting wifi dongle usb di komputer PC atau laptop. Tetapi saya akan membahas untuk cara setting wifi dongle usb di perangkat perekam cctv merek SPC yang sering disebut UVR. Pada UVR spc perangkat wifi dongle usb ini digunakan untuk setting online uvr tersebut sehingga bisa diakses melalui smartphone maupun komputer untuk melihat tampilan kamera cctv.

Cara setting wifi dongle usb untuk UVR SPC
Baca juga : Cara setting online DVR/UVR
Pada panduan setting wifi dongle di UVR spc ini saya akan menjelaskan cara settingnya menggunakan wifi dongle TP-Link type TL-WN823N untuk spesifikasinya bisa kalian lihat di website resminya TP-Link. Karena dari pihak SPC Indonesia sendiri untuk pemakaian wifi dongle usb di UVR spc merekomendasikan menggunakan merek tersebut dan sudah di test hasilnya berjalan lancar untuk UVR 8 chanel dan 16 chanel, tetapi tidak direkomendasikan untuk UVR 4 chanel karena sering bermasalah atau tidak stabil. Untuk merek dan type wifi dongle usb lainnya saya pribadi juga belum pernah mencoba apakah support atau tidak.

Langsung saja untuk cara settingan silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini

Cara setting wifi dongle USB di UVR spc
  • Langkah pertama tancapkan wifi dongle usb di slot usb UVR spc bisa depan atau belakang
  • Kemudian buka menu UVR spc caranya klik kanan pada mouse dan pilih Menu dan klik Login (jika password belum dirubah bisa langsung klik login karena default dari spc masih kosong)
  • Setelah login, pada menu tab dibawah pilih Set dan klik Network. Pada tab Network cheklist kotak enable DHCP dan klik Apply
Cara setting wifi dongle usb untuk UVR SPC
  • Setelah mengatur di tab general, buka tab menu wifi disebelahnya, pada menu wifi cheklist kotak Enable dan DHCP. Lihat status Not Connected tandanya wifi belum di setting atau belum terhubung. 
  • Langkah selanjutnya kalian klik Search untuk mencari signal/nama wifi yang akan dipakai. Setelah muncul, klik nama wifi yang akan dipakai dan kekuatan signalnya harus good/very good.  Kemudian pada kolom password dibawah isikan password wifi yang kalian pilih tadi dan klik Apply
Cara setting wifi dongle usb untuk UVR SPC
  • Setelah kalian klik Apply status yang sebelumnya not connected atau belum terhubung tidak akan langsung menjadi connected atau terhubung, melainkan kalian harus pindah-pindah tab menu dulu agar statusnya menjadi connected atau terhubung. Jika statusnya sudah terhubung otomatis UVR tersebut akan mendapatkan IP Address dan siap disetting online untuk akses via hp atau komputer.
  • Selesai
Note : Wifi yang bisa digunakan harus kekuatan sinyalnya yang good atau very good sesuai gambar diatas dibawahnya itu mungkin tidak akan bisa konek.
Bagaimana cukup jelas bukan penjelasan kali ini. Pada intinya wifi dongle usb ini adalah sebagai alternatif saja jika tidak memungkinkan untuk menarik kabel LAN untuk akses internetnya. Wifi dongle usb juga tergantung pada jaringan setempat, jadi jika terjadi kendala saat akses via hp/komputer seperti lemot atau perangkat offline biasanya terjadi karena jaringan internet setempat yang sedang gangguan atau silahkan cek terlebih dahulu apakah statusnya wifi dongle masih terhubung atau terputus.

Wifi dongle usb  tidak hanya bisa digunakan di perekam merek spc saja melainkan bisa digunakan di merek perekam lainnya dengan catatan perekam cctv tersebut harus yang sudah ada fitur wifinya. Demikian penjelasan saya kali ini, silahkan kalian coba dan buktikan sendiri. Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Baca juga : Cara setting UVR spc di android/ios

2 Responses to "Cara setting wifi dongle usb untuk UVR SPC "

  1. klo untuk DVR SPC 4 channel rekom wifi dongle merk apa pak?

    ReplyDelete
  2. semua UVR spc hampir bisa pakai wifi dongle

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel