Perbedaan kabel CCTV coaxial Rg59 dan Rg6

InfoSistemKeamanan.com - Sebagai pemain cctv pastinya kalian tidak asing lagi dengan yang namanya kabel coaxial. Kabel coaxial adalah kabel yang dipakai untuk instalasi camera cctv type analog. Kabel coaxial dibagi menjadi 2 type, yaitu kabel coaxial rg59 dan kabel coaxial rg6 dan tentu saja keduanya mempunyai perbedaan masing-masing. Masih banyak lagi jenis-jenis kabel coaxial lainnya, tetapi mungkin hasilnya tidak akan bagus ketika kalian melakukan instalasi cctv dengan menggunakan kabel coaxial yang berbeda 2 jenis kabel coaxial seperti di atas.

Cctv pada jaman sekarang sudah didukung dengan format video high definition (HD), tentu saja perantara yang menghubungkan antara camera cctv dengan alat perekam cctv juga harus berkualitas bagus agar mendapatkan hasil yang maximal pada tampilan layar monitor cctv. Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan antara kabel cctv coaxial rg59 dan rg6 beserta cara pemakaiannya. Mungkin tidak akan kelihatan secara fisik untuk membedakan dari type kedua kabel coaxial tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan kalian baca dibawah ini beberapa perbedaan antara kabel coaxial rg59 dan kebal coaxial rg6.

Perbedaan kabel coaxial Rg59 dan Rg6


Perbedaan kabel CCTV coaxial Rg59 dan Rg6

  • Kabel Rg59

Kabel rg59 mungkin adalah material untuk instalasi perangka cctv pertama yang sudah banyak digunakan oleh banyak orang sebelum keluar kabel rg6. Banyak sekali merk Kabel Rg59 di dunia per cctv-an, dan juga kabel ini kebanyakan sudah dilengkapi deng plus power sehingga memudahkan kalian untuk melakukan instalasi cctv tanpa harus menggunakan 2 kabel lagi sebagai powernya. Pengunaan kabel ini sangat cocok untuk pemakaian project instalasi seperti perumahan. Kabel Rg59 tidak bisa digunakan untuk tarikan panjang yaitu lebih dari 300meter Karena memiliki konduktor yang kecil dan juga direkomendasikan untuk pemakaian di dalam ruangan atau indoor

  • Kabel Rg6

Untuk type yang satu ini tidak jauh bedanya dengan kabel rg59 sebelumnya. Perbedaan yang paling menonjol dari kabel rg6 ini adalah pada konduktor dalam kabelnya memiliki ukuran yang lebih besar dari pada kabel rg59. Sehingga kabel ini mampu dipakai untuk project instalasi tarikan panjang yaitu sampai dengan 450meter. Selain bisa digunakan untuk tarikan panjang kabel rg6 juga cocok untuk dipakai di luar atau outdoor karena memilik pelindung kabel yang lebih tebal sehingga tahan cuaca panas dan dingin.

Pemakaian kabel cctv coaxial

  • Kabel cctv + power

Jenis kabel ini biasanya digunakan untuk tarikan jarak pendek atau power supply berada di dekat perekam cctv. Maksud dari plus power tersebut adalah pada bagian kabel coaxial terdapat 2 kabel yaitu kabel yang untuk ke perekam cctv dan kabel untuk power suply camera cctv yang fungsinya untuk mengalirkan tegangan dari camera tersebut. Untuk cara pemasangannya lihat gambar sebagai berikut.

Perbedaan kabel CCTV coaxial Rg59 dan Rg6

  • Kabel cctv tanpa power

Beda dari jenis kabel sebelumnya, pada kabel ini hanya terdapat kabel coaxial saja yang berfungsi sebagai kabel untuk masuk ke perekam cctv. Sedangkan untuk power supply camera cctv berada di dekat camera cctv tersebut. Berikut contoh pemasangan kabel coaxial tanpa power.

Perbedaan kabel CCTV coaxial Rg59 dan Rg6
Kesimpulan

Kabel coaxial rg6 adalah pilihan terbaik untuk melakukan instalasi perangkat cctv, karena selain memiliki konduktor yang lebih besar dari kabel rg59, kabel ini mampu menerima sinyal frekuensi yang tinggi yaitu lebih dari 50Mhz sehingga kalian akan mendapat hasil gambar yang maximal pada tampilan layar monitor cctv kalian.

Cukup jelas bukan penjelasan saya tentang perbedaan ke 2 jenis kabel tersebut ? Jika kalian ingin memasang cctv sendiri dan masih bingung ingin menggunakan kabel coaxial type yang apa, mungkin artikel ini bisa membantu kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.
Baca juga : Cara pasang IP camera dengan benar,

0 Response to "Perbedaan kabel CCTV coaxial Rg59 dan Rg6"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel