Cara memperbaiki Alarm Albox error

InfoSistemKeamanan.com - Alarm albox adalah perangkat sistem keamanan yang didesain khusus untuk melindungi aset disuatu tempat. Mungkin sudah beberapa postingan saya yang menjelaskan tentang system alarm tersebut. Mulai dari sensor-sensor alarm albox, cara penggunaan alarm albox serta cara setting program alarm albox. Setelah kalian mengetahui hal itu semua tentu saja kalian akan bingung ketika alarm albox mengalami error. Alarm albox yang error dapat menjadikan false alarm atau alarm palsu.

Cara memperbaiki Alarm Albox error

False alarm tentu saja akan membuat kalian resah karena kebisingan suara sirine yang menganggu. Selain kalian pasti ada juga yang meresakan keresahan tersebut yaitu orang-orang yang ada disekitar tempat dimana alarm tersebut terpasang.

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan beberapa kasus alarm albox yang sering terjadi setelah beberapa waktu alarm albox terpasang. Mungkin dengan adanya postingan kali ini kalian bisa memperbaiki sendiri alarm tersebut sebelum memanggil teknisi dimana tempat kalian beli alarm albox tersebut jika benar-benar sudah tidak bisa kalian lakukan sendiri. Langusng saja untuk mempersingkat tulisan ini saya akan menjelaskan beberapa kerusakan pada alarm albox yang sering terjadi sebagai berikut.

Mengatasi false alarm pada alarm albox

False alarm biasanya disebabkan dari sensor alarm albox yang mengalami error atau kebocoran sensor. Mungkin untuk hal yang satu ini kalian akan mengalami kesulitan untuk memperbaiki sendiri, karena kalian harus menganalisa apa yang menyebabkan sensor tesebut bisa bocor sehingga menyebabkan false alamr. Untuk mengatasi hal ini yang harus kalian lakukan pertama kali adalah lihat pada lampu indikator zona mana yang menyebabkan false alarm.

Cara memperbaiki Alarm Albox error

Setelah mengetahui zona yang bocor lakukan pngecekkan pada panel alarm, apakah ada kabel yang copot atau tidak terhubung pada zona tersebut. Setelah dipastikan tidak ada yang copot/lepas pada zona tersebut, lakukan pengecekkan pada sensor yang terpasang pada zona tersebut apakah kabel yang terpasang lepas atau tidak. Jika kedua cara normal tersebut normal berarti false alarm disebatkan oleh sensor alarm yang salah dalam pemasangan.

Biasanya sensor yang sering menyebabkan false alarm adalah sensor PIR karena banyak sekali aturan-aturan yang harus diperhatikan ketika memasang sensor tersebut. Tegangan sensor PIR yang tidak stabil bisa saja menyebabkan false alarm.

Baca juga : Cara memasang sensor alarm PIR dengan benar,

Mengatasi indikator lampu dial pada keypad alarm albox menyala

Lampu dial adalah indikator lampu yang menunjukkan ketika panel alarm melakukan panggilan ke nomor telpon yang terdaftar di panel tersebut. Apa akibat jika indikator lampu dial pada keypad menyala ? Biasanya jika hal tersebut terjadi keypad akan mengeluarkan suara beep secara berulang-ulang. Hal tersebut menunjukkan jika line telpon dari perangkat pstn yang dipakai untuk nomor telpon tersebut mengalami error dan tidak bisa melakukan panggilan ke nomor telpon yang terdaftar.

Cara memperbaiki Alarm Albox error

Jika kalian merasa terganggu dengan suara beep yang dikeluarkan oleh keypad tersebut, kalian bisa mematikan suara tersebut dengan cara mendisable/menonaktifkan port line telpon dengan cara tekan 1234** pada keypad untuk masuk menu program panel alarm. Kode tersebut adalah kode default bawaan dari alarm albox sebelum kalian ganti. Setelah itu tekan 870# dan akan bunyi beep 2x menandakan pemorograman berhasil dan tutup dengan tekan **
Note : Hal tersebut digunakan untuk sementara saja agar keypad tidak mengeluarkan suara beep, dan ketika sudah selesai memperbaiki line telpon, kembalikan lagi ke settingan sebelumnya yaitu dengan cara tekan 1234** kemudian tekan 871# dan tutup dengan tekan **
Baca juga : Cara setting program alarm albox,

Setelah melakukan penonaktifkan line telpone di atas, langkah selanjutnya lakukan pengecekan pada line telpon yang tehubung ke panel alarm. Copot port line telpon yang terhubung  dari panel line telpon ke panel alarm. Kalian bisa copot dari panel line telpon saja agar memudahkan kalian untuk menganalisa kerusakan tersebut. Kemudian hubungkan line telpon tersebut ke sebuah pesawat telpon untuk mengetes apakah line telpon tersebut normal atau tidak.

Untuk cara mengetestnya silahkan lakukan panggilan ke nomor hp kalian menggunakan pesawat telpon tersebut apakah bisa atau tidak. Jika bisa melakukan panggilan coba lakukan panggilan balik ke nomor pesawat telpon tersebut. Jika keduanya normal berarti letak kerusakan terdapat dipanel alarm. Hal ini kalian harus memanggil teknisi dimana kalian membeli alarm albox tersebut. Dan sebaliknya jika kerusakan terjadi pada line telpon kalian harus memanggil teknisi dari penyedia line telpon tersebut.

Mengatasi lampu indikator di keypad alarm menyala semua

Cara memperbaiki Alarm Albox error

Untuk permasalahan kali ini juga sering terjadi karena masalah dipengkabelan pada keypadnya. Langkah pertama yang kalian lakukan adalah cek kabel keypad yang terhubung ke panel alarm, apakah ada yang terlepas atau terputus. Jika sudah dicek dan tidak ada masalah di pengkabelan, coba matikan panel alarm albox kemudian hidupkan lagi. Jika masih tetap sama berarti kerusakan dari keypad yang error atau bisa juga dari panel alarm yang error.

Mungkin itu saja beberapa permaslahan yang sering terjadi pada sistem alarm albox. Mungkin jika kalian ada permaslahan lainnya dan mungkin kalian belum tahu untuk cara mengatasinya silahkan tanyakan pada kolom komentar di bawah ini. Semoga postingan ini bermanfaat dan terimakasih,

6 Responses to "Cara memperbaiki Alarm Albox error"

  1. Indikator baterai menyala dan ada suara beep.
    Baterai sudah diganti tetap spt itu.
    Mohon solusinya?

    ReplyDelete
  2. Indikator baterai menyala dan ada suara beep.
    Baterai sudah diganti tetap spt itu.
    Mohon solusinya?

    ReplyDelete
  3. Indikator baterai menyala dan ada suara beep.
    Baterai sudah diganti tetap spt itu.
    Mohon solusinya?

    ReplyDelete
  4. Indikator baterai menyala dan ada suara beep.
    Baterai sudah diganti tetap spt itu.
    Mohon solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau indikator batrray menyala harus di cekk gan ACP nya

      Delete
  5. Saya dapat kasus. Zona 8 kosong. Sudah saya pakai resistor. Tpi tetap lampu indikator hidup dan tetap hidup alarm. Apakah masalah nya di terminal blok nya ya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel