Cara menghitung kapasitas penyimpanan hardisk cctv

InfoSistemKeamanan.com - Menghitung kapasitas penyimpanan hardisk cctv merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk menghitung berapa lama durasi penyimpanan hardisk cctv yang kalian gunakan. Hal tersebut juga berfungsi untuk mengantisipasi ketika kalian ingin membackup rekaman cctv pada hari-hari sebelumnya sebelum file rekaman hilang.

Cara menghitung kapasitas penyimpanan hardisk cctv

Sistem penyimpanan file rekaman dalam cctv yaitu over write atau menimpa rekaman yang lama ketika hadisk sudah penuh. Pasti kalian sering sekali mendengar ketika terjadi suatu kejadian yang terekam oleh cctv seperti kehilangan atau lain sebagainya dibeberapa hari yang lalu dan ketika kalian akan mengambil file rekaman tersebut ternyata file tersebut sudah hilang karena tertimpa file rekaman yang baru.

Baca juga : Cara backup rekaman cctv,

Hal tersebut disebabakan karena terbatasnya kapasitas penyimpanan hardisk yang terpasang di alat perekam cctv tersebut. Perlu kalian ketahui ketika akan menggunakan hardisk untuk penyimpanan rekaman cctv, bahwasanya hardisk yang digunakan adalah hardisk yang khusus didesain untuk kuat menyala 24jam. Berbeda dengan hardisk yang digunakan di komputer yang ada durasi tertentu ketika hardisk mulai menyala atau bekerja.

Untuk mengatasi hal seperti di atas, maka dari itu alangkah pentingnya ketika kalian membeli perangkat cctv untuk menghitung lama penyimpanan dengan kapasitas hardisk yang akan kalian gunakan.

Cara menghitung kapasitas penyimpanan hardisk cctv

  • Langkah pertama kalian download dan instal aplikasi CCTV Calculator diplaystore hp android/ios kalian. Kemudian buka aplikasi tersebut dan pilih Storage Needs Calculator
Cara menghitung kapasitas penyimpanan hardisk cctv

  • Setelah itu isi semua kolom yang tersedia seperti dibawah ini. Pada gambar perhitungan dibawah ini saya memberikan contoh perhitungan dengan menggunakan 4 camera dengan resolusi 2 mega pixel (1080P) dan ingin menyimpan selama 2 minggu atau sekitar 14 hari
Cara menghitung kapasitas penyimpanan hardisk cctv


Dari gambar di diatas bisa saya jelaskan bahwa agar cctv kalian bisa merekam selama 14 hari dan menggunakan 4 kamera, hardisk yang kalian pakai sebesar 1453,9 GB. Mungkin hardisk dengan kapasitas tersebut tidak tersedia di pasaran jadi kalian harus menggunakan hardisk sebesar 2TB atau sekitar 2000GB (gigabyte). Pada umumnya hardisk yang terjual dipasaran untuk besar kapasitasnya yaitu 500GB, 1TB, 2TB, 4TB, 6TB hingga 10 TB. Tentu saja semakin besar kapasitas hardisk cctv yang kalian gunakan semakin mahal juga harga hardisk cctv tersebut.

Baca juga : Cara mengatasi hardisk cctv rusak,

Banyak hal yang mempengaruhi durasi lama penyimpanan untuk hard disk cctv seperti resolusi kamera, frame rate/kecepatan gambar, kompresi dan banyaknya kamera yang terpasang. Semakin besar resolusi kamera yang kalian pakai, semakin besar pula file rekaman yang tersimpan. Pada kemajuan teknologi cctv pada jaman sekarang, resolusi camera cctv sudah mencapai 8MP (mega pixel) tentu saja membutuhkan kapasitas hardisk yang lebih besar juga agar lama durasi perekamannya sesuai dengan yang kalian inginkan.

Baca juga : Cara setting output tampilan dvr ke monitor,

Semakin tingginya resolusi pada kamera, pada sistem DVR juga ikut mengembangkan kompresi rekamannya agar lebih menghemat kapasitas penyimpananya. H265+ adalah kompresi rekaman terbaru yang dimiliki pada DVR keluaran terbaru pada akhir-akhir ini. Sudah banyak brand-brand perangkat cctv yang menggunakan compresi tersebut. Tidak hanya pada DVR, tetapi compresi tersebut juga terdapat pada kamera cctv sehingga lebih menghemat daya penyimpanan rekaman dan hasil gambarnya pun lebih bagus dari pada kompresi dibawahnya.

Mungkin itu saja penjelasan saya kali ini, semoga artikel kali ini bermanfaat. Selamat mencoba dan terimakasih

0 Response to "Cara menghitung kapasitas penyimpanan hardisk cctv"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel