Cara merawat CCTV agar tidak mudah rusak

InfoSistemKeamanan.com - Merawat cctv agar tidak mudah rusak merupakan hal yang harus dilakukan ketika telah selesai melakukan pemasangan cctv. Banyak sekali hal-hal permasalahan yang sering ditemukan pada cctv, seperti hardisk tidak merekam, camera blur dan sebegainya.

Cara merawat CCTV agar tidak mudah rusak

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang apa saja yang harus kalian lakukan ketika telah selesai melakukan pemasangan cctv agar cctv kalian tidak mudah rusak. Langsung saja berikut beberapa tips untuk merawat cctv.

Tips merawat CCTV agar tidak mudah rusak

  • Perhatikan penempatan DVR dengan benar

Dalam melakukan pemasangan cctv usahakan penemaptan perekam DVR ditempat yang benar. Salah satunya memiliki ventilasi udara yang luas agar dvr tidak mudah panas. Akan lebih baik jika dvr ditempatkan pada ruangan yang ber AC karena dvr beroperasi 24jam tentu saja akan mengalami panas yang berlebihan jika tidak memiliki ventilasi udara yang baik.

Jika Dvr dipasang di area luar yang rawan terhadap debu, kalian harus selalu rajin membersihkan agar dvr tetap berfungsi dengan baik. Dan juga perhatikan faktor kemanan penempatan dvr agar tidak mudah diambil atau dicuri orang.

Baca juga : Cara setting penyimpanan cloud storage pada dvr cctv SPC,

  • Memasang perangkat tambahan 

Perangkat tambahan memang sangat penting untuk perangkat cctv kalian. Contohnya seperti penambahan perangkat UPS yang berfungsi untuk mengatasi terjadinya kehilangan listrik secara tiba-tiba pada perangkat cctv kalian.

Terjadinya kehilangan listrik secara tiba-tiba seperti mati listrik dari pusat, jika tidak dicegah dengan perangkat tambahan akan berdampak pada main board dvr dan bisa juga hardisk cctv kalian akan mengalami kerusakan. Seperti penjelasan sebelumnya cctv menyala selama 24jam dan jika tiba-tiba sering mati tentu saja akan mengalami kerusakan yang fatal terhadap perangkat cctv.

  • Periksa jangka waktu penyimpanan hardisk

Hal ini mungkin sangat penting kalian lakukan, karena hardisk adalah perangkat utama untuk menyimpan rekaman video yang tertangkap oleh kamera cctv. Hardisk mungkin rentan terhadap kerusakan jika listrik tidak stabil. Untuk melakukan pemeriksaan jangka waktu penyimpanan hardisk kalian bisa melihat playback rekaman pada dvr kalian.

Hal tersebut untuk mencegah terjadinya kehilangan file rekaman cctv jika terjadi suatu kejadian. Pada cctv sistem penyimpanan rekaman adalah over write yaitu menghapus rekaman yang lama secara berkala jika hardisk sudah penuh. Jika seluruh file rekaman dianggap penting kalian bisa melakukan proses backup atau pemindahan file rekaman kedalam hardisk external.

Baca juga : Cara backup rekaman cctv hikvision, Cara mengatasi hardisk cctv rusak,

  • Periksa kebersihan seluruh perangkat cctv

Melakukan pemeriksaan kebersihan terhadap perangkat cctv merupakan hal yang tidak kalah penting juga dilakukan agar cctv tetap berfungsi dengan baik. Pertama yang harus kalian cek kebersihannya adalah bagian dalam dvr. Buka perangkat dvr kemudian bersihkan  dari debu dan kotoran yang terdapat didalam dvr tersebut.

Kemudian yang kedua adalah membersihkan pada bagian kamera cctv, mungkin kamera cctv yang sering terkena debu dan kotoran sehingga mempengaruhi hasil gambar yang tertangkap oleh kamera tersebut. Setelah itu cek IR kamera tersebut apakah masih menyala semua atau tidak, karena IR sangat dibutuhkan jika dalam kondisi gelap agar tetap terlihat pada monitor cctv.

Mungkin itu saja beberapa hal yang perlu kalian lakukan ketika selesai melakukan pemasangan cctv agar perangkat cctv kalian tidak mudah rusak. Mungkin artikel kali ini akan membantu kalian dalam hal merawat cctv tanpa harus memanggil teknisi yang ahli pada bidangnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga : Cara menghitung lama penyimpanan kapasitas hardisk cctv,

0 Response to "Cara merawat CCTV agar tidak mudah rusak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel