Cara pasang sensor ALC (Auto Light Control) Albox

InfoSistemKeamanan.com - Auto light control atau disingkat ALC adalah sebuah sensor alarm system yang berfungsi mendeteksi suatu gerakan. Cara kerja alat ini adalah memberikan tegangan ke sebuah perangkat lainnya sehingga bisa membuat alat tersebut menyala atau berbunyi.

Cara pasang sensor ALC (Auto Light Control) Albox

Auto light control biasanya digunakan untuk menyalakan sebuah lampu ketika alat tersebut mendeteksi sebuah gerakan. Jadi alat ini bisa difungsikan untuk menakut-nakuti seseorang yang akan masuk kerumah kalian dan tiba-tiba lampu tersebut menyala. Bukan hanya lampu saja yang bisa dipakai, melainkan semua alat elektronik yang menurut kalian bisa digunakan untuk sebuah notifikasi seperti sirine.

Spesifikasi alat ini yaitu membutuhkan input tegangan AC 220Volt dan mengeluarkan output yang sama yaitu 220Volt. Sehingga dari output tersebut kita bisa memasang beberapa alat apa saja sebagai komponen tambahan untuk alat tersebut.

Cara pasang ALC (Auto Light Control)

Pada contoh pemasangan kali ini saya menggunakan lampu sorot sebagai perangkat pendukung alat tersebut. Selain lampu untuk komponen lainnya yaitu, kabel listrik dan steker/colokan listrik. Setelah komponen tambahan sudah tersedia silahkan lihat gambar wiring dibawah ini untuk cara pemasangannya.

Cara pasang sensor ALC (Auto Light Control) Albox

Pada perangkat auto light control terdapat 3 lubang yaitu L, N dan G yang berfungsi sebagai input dan output. Sesuai gambar diatas, L dan N adalah input untuk arus AC 220Volt dan N dan G sebagai output 220Volt yang memberikan tegangan untuk lampu tersebut.

Untuk cara kerjanya sesuai dengan penjelasan saya di atas yaitu ketika sensor ALC mendeteksi suatu gerakan maka akan memberikan tegangan kepada lampu, sehingga lampu tersebut menyala. Lalu bagaimana jika kita ingin mengkoneksikan ke panel Alarm albox ?

Cara pasang sensor ALC (Auto Light Control) Albox

Sesuai gambar diatas ntuk mengkoneksikan ke panel alarm albox kalian memerlukan alat tambahan lagi yaitu rellay. Rellay disini berfungsi untuk memicu mentriggerkan zona panel alarm agar terjadi alarm sehingga sirine berbunyi.

Baca juga : Cara instalasi alarm albox acp 811, Cara setting program alarm Albox,

Mungkin itu dulu penjelasan mengenai cara memasang auto light control albox. Jika kalian kurang paham dengan penjelasan saya di atas, silahkan tanyakan langsung pada kolom komentar dibawah ini. Semoga postingan kali ini bermanfaat dan terimakasih.

0 Response to "Cara pasang sensor ALC (Auto Light Control) Albox"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel