Cara pasang anti grounding untuk camera cctv

InfoSistemKeamanan.com - Anti grounding adalah alat yang digunakan untuk mengatasi gambar tampilan cctv di monitor berbayang atau bergelombang. Banyak sekali hal penyebab gambar camera cctv bergelombang atau berbayang, salah satunya yaitu jalur penarikan kabel cctv yang tidak sesuai dengan standart pemasangan cctv. Bahwsanya ketika melakukan penarikan kabel cctv harus diperhatikan jalur kabel yang dilewati. Usahakan untuk kabel cctv tidak berdekatan langsung dengan kabel listrik yang memiliki arus besar. Jika ingin mengikuti jalur tersebut gunakan pipa conduit sebagai pelindung kabel cctv agar tidak menempel langsung dengan kabel listrik tersebut.

Cara pasang anti grounding untuk camera cctv

Selain hal diatas gambar tampilan cctv bergoyang juga disebabkan oleh adanya sambungan kabel. Perlu diperhatikan juga dalam melakukan instalasi cctv usahakan jangan sampai ada kabel sambungan karena akan berpengaruh sekali di hasil tampilan. Maka dari itu untuk mengatasi tampilan bergelombang atau berbayang perlu dipasang anti grounding.

Baca juga : Cara pasang video balun cctv,

Anti grounding dibagi menjadi 2 jenis, yaitu anti grounding pasif dan anti grounding aktif. Selain dari bentuknya yang berbeda, perbedaan lainnya dari keduanya yaitu anti grounding pasif tanpa power DC dan untuk anti grounding aktif butuh power DC ketika kalian akan memasang alat tersebut. Pada postingan kali ini saya akan menjelasakan tentang cara pasang anti grounding dengan benar agar mendapatkan hasil maximal dan gambar bebayang pun teratasi. Langsung saja untuk cara-caranya sebagai berikut.

Cara pasang anti grounding untuk cctv

  • Anti Grounding Pasif
Cara pasang anti grounding untuk camera cctv
  • Anti Grounding Aktif
Cara pasang anti grounding untuk camera cctv


Gambar topologi pemasangan anti grounding di atas adalah topologi pemasangan anti grounding untuk analog camera yang menggunakan kabel coaxial. Kabel coaxial sangat rentan terkena induksi-induksi dari listrik yang dekat dengan kabel tersebut. Perhatikan dalam memasang anti grounding jenis aktif, pada anti grounding jenis tersebut terdapat satu pasang alat yang terdiri dari Transmitter dan Receiver. Bagian transmitter dipasang di titik camera dan untuk receiver dipasang didekat dvr. Selain itu harus diperhatikan juga input/output yang masuk ke alat tersebut yang sudah saya sertakan keterangannya pada gambar di atas.

Baca juga : Cara pasang IP camera dengan benar,

Berbeda dengan IP camera yang menggunakan kabel UTP/LAN. Sampai saat ni saya belum pernah mengalami masalah gambar tampilan cctv IP camera berbayang. Mungkin untuk kabel UTP sangat kecil sekali kemungkinan terkena induksi dari listrik setempat. Maka dari itu banyak orang memilih pakai kabel UTP untuk memasang analog camera dengan menggunakan video balun yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya. Mungkin itu saja penjelasan saya pafa artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

1 Response to "Cara pasang anti grounding untuk camera cctv"

  1. You will not look for better home security systems than Front side position. I am just delighted to get discovered this type of cost-effective price with hi there-technical functions that be expensive a lot more off their organizations. I feel Front point can be a victory for almost any loved ones.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel