Cara pasang POE injector dan POE splitter untuk IP camera cctv

InfoSistemKeamanan.com - Ketika kalian memasang IP camera tentu saja kalian tidak asing dengan yang namanya POE (Power Over Ethernet). Poe merupakan sebuah sistem yang berfungsi sebagai pengganti power supply yang biasanya kalian gunakan ketika memasang camera cctv analog. Poe biasanya terdapat pada sebuah switch.

Cara pasang POE injector dan POE splitter untuk IP camera cctv

Pada artikel saya sebelumnya sudah pernah saya membahas tentang bagaimana cara pasang IP camera dengan benar. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam memasang ip camera agar tidak terjadi kendala kedepannya. Semua hal tersebut sudah pernah saya bahas pada artikel tersebut dan saya tidak perlu membahasnya ulang.

Baca juga : Cara pasang IP Camera dengan benar, 

Pada umumnya switch yang digunakan untuk menghubungkan jaringan internet antara perangkat adalah switch hub atau switch non POE. Pada switch hub tidak tersedia sistem POE pada setiap port nya, maka dari itu ketika akan digunakan untuk instalasi IP camera, diperlukan alat tambahan yaitu poe injector atau bisa juga dengan menggunakan POE splitter agar bisa mensupply power IP camera tersebut. Lalu apa perbedaan dari kedua alat tersebut ?

Perbedaan POE injector dan POE splitter

Poe Injector

Poe injector adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk merubah port switch hub non POE menjadi port POE. Alat ini dipasang pada setiap masing-masing port switch hub yang terpakai untuk IP camera dan tidak perlu ada tambahan adaptor. Banyak type poe injector yaiu tergantung dengan  jumlah port yang akan kalian gunakan.

Baca juga : Cara pasang anti petir untuk ip camera,

Kalian tinggal mennyesuaikan jumlah port switch hub yang kalian gunakan untuk instalasi ip camera untuk memilih type yang dari poe injector tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat topologi pemasangan POE injector seperti dibawah ini. Dibawh ini saya menggunakan type poe injector yang single atau jumlah portnya 1 saja.

Cara pasang POE injector dan POE splitter untuk IP camera cctv


Poe Splitter

Berbeda dengan sebelumnya, alat ini bukan merubah port switch non POE menjadi POE. Melainkan untuk memisahkan kabel UTP antara power dan data dari masing-masing port switch tersebut. Untuk penggunaan alat ini membutuhan adaptor power supply sebagai sumber tegangan untuk ip camera.

Alat ini memiliki satu pasang yang harus dipasang disetiap ujung kabel UTP dan perlu diperhatikan dalam pemasangannya, untuk jack DCnya. Bahwasanya jack DC pada alat tersebut terdapat 2 jenis yaitu male dan female. Untuk male dipasang pada ujung titik kamera dan female dipasang di dekat NVR. Berikut topologi pemasangan untyk Poe splitter.

Cara pasang POE injector dan POE splitter untuk IP camera cctv

Dari kedua gambar topologi pemasangan alat di atas kalian pasti bisa melihat perbedaan dari keduanya. Pada intinya alat ini memiliki fungsi yang sama yaitu sama-sama untuk mensupply tegangan untuk IP camera. Mungkin yang membedakan adalah dari harga alat tersebut, tentu saja POE injector lebih mahal dari pada POE splitter.

Dan juga dengan menggunakan kedua alat tersebut kalian bisa lebih menghemat biaya daripada membeli switch POE langsung. Kabel UTP yang digunakan tidak lebih dari 100 meter sesuai dengan penjelasan saya sebelumnya.  Mungkin itu saja tentang pembahasan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga : Cara memperpanjang kabel LAN untuk cctv,

3 Responses to "Cara pasang POE injector dan POE splitter untuk IP camera cctv"

  1. siang min, untuk penggunaan poe splitter, kabel utp yang di pasang harus straight atau cross??

    ReplyDelete
  2. hi
    pak , poe switch type A, bisa buat cctv ga ? tks

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel