Cara pasang surge protector atau anti petir untuk cctv

InfoSistemKeamanan.com - Surge protector adalah alat yang digunakan untuk melindungi perangkat elektronik dari sambaran petir yang merambat melalui kabel. Alat ini sangat penting digunakan di tempat pemasangan cctv yang rawan terkena sambaran petir, karena jika perangkat cctv terkena petir bisa menyebabkan kerusakan hampir ke semua perangkat cctv tersebut.

Cara pasang surge protector atau anti petir untuk cctv

Sebelum saya menjelaskan tentang cara pasang surge protector atau anti petir, alangkah baiknya kalian mengetahui jenis-jenis antir petir yang terdapat pada cctv. Anti petir pada cctv dibagi menjadi 2 jenis, yaitu anti petir untuk cctv analog camera dan anti petir untuk cctv ip camera. Keduanya mempunyai kegunaan dan cara pasang yang hampir sama mungkin yang membedakan adalah input output dari unitnya saja.

Baca juga : Cara pasang video balun untuk cctv,

Perlu diketahui juga, bahwasanya dalam memasang anti petir pada perangkat cctv, harus dipasang disetiap ujung camera yang terpasang di area yang rawan sambaran petir. Hal tersebut untuk mencegah ketika petir menyambar maka arusnya sudah tertahan oleh anti petir tersebut sebelum menuju ke perangkat cctv. Untuk lebih jelasnya silahkan simak contoh cara pemasangan anti petir dibawah ini.

Cara pasang surge protector/anti petir untuk CCTV

  • Wiring pemasangan anti petir untuk Analog Camera
Cara pasang surge protector atau anti petir untuk cctv

  • Wiring pemasangan anti petir untuk IP Camera
Cara pasang surge protector atau anti petir untuk cctv


Sesuai penjelasan saya sebelumnya bahwa dalam memasang anti petir untuk cctv camera analog dan ip camera tidak jauh berbeda. Hal yang harus diperhatikan dalam memasang surge protector/anti petir adalah input dan output yang sudah saya perjelasa pada gambar wirinf di atas. Pada perangkat anti petir terdapat 2 ujung input/output yang masing-masing diberi nama Cable End dan Equipment End. Cable End digunakan untuk menghubungkan antara kedua anti petir, sedangkan Equipment End digunakan untuk menghubungkan ke perangkat yang dipasang anti petir.

Kemudian maksud dari GND ke tanah diatas adalah jalur arus masuk ketika perangkat tersambar petir yang akan diteruskan  ke tanah untuk dibuang arusnya sehingga arus dari sambaran petir tidak masuk ke perangkat cctv. Anti petir yang saya gunakan di atas adalah anti petir yang sistemnya passive atau tanpa power. Ada juga anti petir untuk IP camera sistemnya aktif atau menggunakan power.

Untuk wiring pemasangan anti petir di atas saya gambar dari pengalaman pribadi saya sendiri ketika saya menerapkannya dilapangan. Saya menggunakan anti petir dari produk Telview yang bisa kalian kunjungi websitenya untuk melihat spesifikasi dari anti petir yang saya gunakan tersebut. Jika kalian yang memiliki pengetahuan mengenai cara memasang anti petir bisa kalian share disini.

Mungkin itu saja penjelasan saya mengenai cara pasang surge protector atau anti petir untuk cctv. Smoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih

Baca Juga : Cara memperpanjang kabel LAN untuk IP camera, Cara memperpanjang kabel HDMI,

0 Response to "Cara pasang surge protector atau anti petir untuk cctv"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel