Cara setting Alarm DVR cctv (Motion, Privacy mask, Video tampering & Video Loss)

InfoSistemKeamanan.com - Mungkin masih banyak yang belum mengerti tentang cara menggunakan fitur alarm pada dvr cctv. Pada sistem cctv terdapat banyak fitur alarm seperti motion detection, privacy mask, video loss dan lainnya. Kemudian bagaimana  cara kerja fitur-fitur alarm tersebut ?

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan fungsi serta cara kerja dari beberapa fitur alarm tersebut. Dari salah satu jenis alarm tersebut mungkin kalian bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan sebuah notifikasi alarm sesuai dengan kebutuhan kalian. Jadi salah satu cara kerja dari fitur alarm tersebut yaitu memberikan pemberitahuan ke hp kalian ketika terjadi alarm.

Untuk mengaktifkan semua fitur alarm tersebut, silahkan kalian simak penjelasan saya dibawah ini.

Baca juga : Cara setting alarm motion detection Camera Ezviz,

Motion Detection
Motion detection adalah fitur alarm yang berfungsi untuk mendeteksi sebuah gerakan yang tertangkap oleh kamera cctv. Untuk mengaktifkan fitur alarm tersebut kalian bisa masuk menu DVR kemudian pilih camera. Dalam menu camera pilih Motion kemudian pilih chanel camera yang akan kalian aktifkan alarm motionnya dan centang kotak Enable motion detection. Setelah mengaktifkan klik tombol settings untuk mengatur notifikasi apa saja yang akan kalian gunakan ketika terjadi alarm.

Privacy Mask
Privacy mask adalah sebuah fitur DVR yang berfungsi untuk menutupi sebuah area yang mungkin kalian anggap privasi pada tampilan live view.  Lebih jelasnya menutupi area-area tertentu pada tampilan monitor yang tidak kalian izinkan untuk dilihat orang lain.. Tetapi hal tersebut tidak pengaruh terhadap hasil rekaman yang tersimpan kedalam dvr. Untuk hasil rekaman tetap full gambar sesuai view kamera yang telah kalian pasang sebelumnya.

Video Tampering
Video tampering adalah fitur alarm yang digunakan untuk memberikan notifikasi ketika kamera kalian tertutup atau sengaja ditutupi oleh sesuatu. Hal tersebut bisa kalian manfaatkan untuk mencegah ketika ada seseorang dengan sengaja menutupi kamera cctv dan akan melakukan tidakan kejahatan agar tidak tertangkap oleh camera cctv Untuk cara mengaktifkannya kalian tinggal pilih chanel kamera yang menurut kalian rawan untuk ditutupi kemudian klik Enable Video tampering dan klik apply.

Video Loss
Video Loss adalah fitur alarm yang berfungsi memberikan notifikasi ketika salah satu kamera cctv kalian mati atau terputus.  Mungkin untuk memngaktifkan alar tersebut hampir sama dengan sebelumnya yaitu tinggal pilih chanel kamera yang akan kalian aktifkan alarmnya kemudian centang kotak enable.

Pada pilihan setting notifikasi kalian harus mensetting notifikasi pada dvr dan juga pada hp. Untuk notifikasi pada hp kalian harus setting email smtp terlebih dahulu yang sebelumnya sudah pernah saya jelaskan tentang cara setting email notifikasi pada dvr hikvision.

Baca juga : Cara setting email SMTP dvr hikvision,

Sedangkan untuk notifikasi pada dvr akan saya jelaskan satu per satu tentang apa saja notifikasi yang akan kalian dapatkan ketika terjadi alarm pada dvr. Tetapi sebelumnya lihat gambar settingan notifikasi dibawah ini.



  • Full Screen Monitoring : Berfungsi menampilkan chanel kamera yang telah diaktifkan fitur alarmnya pada satu layat penuh ketika terjadi alarm
  • Audible Warning : Memberikan sebuah tofikasi suara buzzer kecil yang dikeluarkan oleh perangkat DVR sebagai pengingat
  • Notify Survellance Center : Digunakan untuk memberikan informasi ke komputer yang disetting untuk view cctv dari komputer terpusat.
  • Send Email : Berfungsi untuk mengirimkan email notifikasi alarm ke email yang telah didaftarkan sebelumnya,

Baca juga : Cara akses cctv DVR hikvision di komputer,

Bagaimana sudah paham bukan tentang fitur-fitur alarm pada DVR ? Jika kalian belum jelas kalian bisa tinggalkan komentar pada kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat, selamat mencoba dan terimakasih.

1 Response to "Cara setting Alarm DVR cctv (Motion, Privacy mask, Video tampering & Video Loss)"

  1. Nevada and Wyoming (and even New Mexico and a couple of others) are typically the states being sold as "privacy and resource security safe houses." VPN

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel