Cara setting IP kamera Wifi Hikvision

InfoSistemKeamanan.com - Pada artikel kali ini lagi-lagi saya akan membahas tentang kamera wifi yang mungkin tidak akan pernah habisnya seiring berkembangnya teknologi pada jaman sekarang. Pada dunia cctv sudah banyak produk-produk kamera cctv yang menggunakan teknologi sistem wifi.

Sehingga memudahkan bagi user untuk melakukan setting sendiri atau pasang sendiri tanpa harus memanggil teknisi. Salah satu produk yang akan saya bahas disini adalah produk hikvision. Perlu kalian ketahui produk hikvision selain mengeluarkan merek ezviz yang pada basic sistemnya menggunakan sistem wifi hikvision juga mengeluarkan produk kamera yang juga sudah dilengkapi dengan fitur wifi.

Untuk type kamera hikvision yang terdapat fitur wifi biasanya terdapat huruf W pada bagian belakang seperti contoh DS-2CD2410F-IW. Langsung saja untuk langkah-langkah cara settingnya sebagai berikut.

Cara setting IP kamera wifi hikvision

  • Langkah pertama pastikan kamera yang kalian gunakan sudah support wifi sesuai dengan type yang saya jelasakan diatas, kemudian hubungkan kamera tersebut ke komputer kalian dengan menggunakan kabel LAN.
  • Langkah selanjutnya buka software SADP bawaan dari hikvision yang bisa kalian download pada website resmi hikvision, kemudian cari device kamera yang terhubung pada komputer kalian
Cara setting IP kamera Wifi Hikvision

  • Setelah ketemu devicenya panggil ip camera tersebut pada browser internet explorer di komputer kalian. Kemudian login ke device kamera tersebut
Cara setting IP kamera Wifi Hikvision

  • Setelah masuk ke menu kamera pilih menu configuration kemudian pilih menu advance setting dan pilih network. Pada menu network pilih tab menu wifi dan klik Search untuk mencari wifi yang akan kalian gunakan disekitar tempat kamera terpasang. Setelah itu masukkan password wifi dan gulir kebawah klik Save.
Cara setting IP kamera Wifi Hikvision

  • Langkah selanjutnya rubah settingan IP menjadi static, caranya masuk menu TCP/IP pada bagian Select NIC pilih Wan dan hilangkan tanda centang DHCP kemudian masukkan IP addrees yang ingin kalian gunakan kemudian klik Save pada bagian bawah.
Cara setting IP kamera Wifi Hikvision


Cara ini biasanya digunakan ketika ada permintaan customer ketika ingin memasang cctv tetapi tidak mau ada tarikan kabel. Perlu diketahui ketika menempatkan kamera yang telah disetting sebelumnya pada titik kamera usahakan jaringan wifi disekitar masih terjangkau oleh kamera tersebut.

Pada IP kamera hikvision terdapat slot memory microSD yang bisa kalian gunakan sebagai tempat penyimpanan kedua setelah NVR. Hal tersebut berguna untuk mengatasi ketika terjadi kejadian NVR dicuri sehingga kalian masih bisa lihat rekamannya pada masing-masing kamera tersebut.


Bagaimana cukup jelas bukan penjelasan saya kali ini ? Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih.

2 Responses to "Cara setting IP kamera Wifi Hikvision"

  1. MIn, Untuk Login, username dan passnya apa ya

    ReplyDelete
  2. untuk IP camera user name admin dan untuk password di buat pas pertama kali IP camera di nyalakan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel