Perbedaan kartu akses kontrol pintu mifare dan proximity

InfoSistemKeamanan.com - Pasti kalian sudah tahu ntuk mengakses sebuah pintu yang terpasang sistem akses kontrol tidak hanya menggunakan pin dan sidik jari saja melainkan bisa juga menggunakan kartu RFID. Apakah kalian sudah tahu bahwa kartu tersebut dibagi menjadi 2 jenis ?
Perbedaan kartu akses kontrol pintu mifare dan proximity
Pada artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang cara instalasi akses kontrol pintu serta cara setting program akses kontrol tersebut. Perlu kalian ketahui bahwa kartu RFID dibagi menjadi 2 jenis yaitu kartu proximity dan kartu mifare.

Kedua jenis kartu tersebut mempunyai perbedaan masing-masing yang akan saya bahas pada artikel kali ini. Jika kalian pernah mengalami gagal ketika melakukan pendaftaran kartu akses pada sebuah mesin akses kontrol mungkin artikel kali ini akan bisa membantu kalian. Langsung saja beberapa perbedaan dari kedua kartu tersebut sebagai berikut.

Baca juga : Cara instalasi akses kontrol pintu,

Perbedaan kartu Proximity dan Mifare

  • Kartu Proximity

Kartu Proximitiy adalah kartu yang sering digunakan untuk akses sistem keamanan atau sistem pembayaran. Kartu proximity sering disebut dengan RFID card dimana cara kerja kartu tersebut dalam sistem akses kontrol yaitu membaca kode dalam kartu tersebut.

Kartu proximity menggunakan frekuensi 13.56MHz untuk generasi terbaru dari sebelumnya  yang menggunakan frekuensi 125KHz. Isi data dalam kartu proximity tidak bisa diubah-ubah karena kartu tersebut tidak bisa menyimpan data. Metode pembacaan kartu yaitu dengan cara melalui signal radio dari kartu tersebut


  • Kartu Mifare

Kartu Mifare adalah sejenis kartu semi konduktor yang banyak digunakan untuk mesin absensi, ID card dan masih banyak lagi. Cara kerja kartu ini berbeda dengan jenis kartu sebelumnya pada sistem akses kontrol, yaitu dengan cara mencocokan data dalam kartu dengan data mesin.

Kartu ini dapat menyimpan data seperti nama, no ID dan sidik jari karyawan sehingga data dalam kartu tersebut bisa diubah-ubah. Untuk frekuensi yang digunakan yaitu frekuensi generasi terbaru sama dengan kartu sebelumnya yaiu 13.56MHz.

Kesimpulan
Pada intinya jika kalian menggunakan salah satu dari jenis kartu di atas mesin akses kontrol yang kalian gunakan harus yang sesuai dengan jenis kartu yang support pada mesin akses kontrol tersebut. Misalkan kalian menggunakan kartu proximity dan mesin akses kontrol kalian hanya support kartu mifare maka kartu tersebut tidak akan terbaca.

Untuk fisik dari kedua jenis kartu tersebut jika sekilas kalian tidak akan kelihatan perbedaannya. tetapi jika kalian pegang kartu proximity akan sedikit tebal dari kartu mifare. Bagaimana sudah cukup jelas bukan penjelasan saya ? Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga : Cara setting program akses kontrol ZKTeco,

0 Response to "Perbedaan kartu akses kontrol pintu mifare dan proximity"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel