Perbedaan switch POE dengan switch Hub

InfoSistemKeamanan.com - Mungkin kalian tidak asing lagi dengan yang namanya switch, ketika kalian melakukan instalasi IP kamera, pastinya kalian memerlukan alat tersebut untuk koneksi antara kamera satu dengan lainnya.

Perbedaan switch POE dengan switch Hub

Switch hub biasanya digunakan untuk menghubungkan internet jaringan konputer antara perangkat satu dengan lainnya.  Jarang sekali seseorang menggunkan switch hub tersebut untuk keperluan instalasi CCTV. Mereka kebanyakan menggunakan switch POE karena lebih rapi untuk instalasinya.

Baca juga : Cara pasang IP camera dengan benar,

Sedangkan switch POE fungsinya hampir sama seperti switch hub biasa yaitu sama-sama menghububgkan 1 perangkat dengan perangkat lainnya. Yang membedakan dari witch hub biasa yaitu untuk switch POE terdapat power supply DC di setiap portnya. Sehingga dengan adanya power supply tersebut dapat memberikana tegangan untuk IP kamera yang terpasang.

Pada masing-masing switch diatas dibagi menjadi 2 type yaitu switch gigabyte dan switch non gigabyte. Switch gygabite biasanya digunakan untuk menghubungkan antara switch dengan switch lainnya dalam pemasangan IP kamera. Switch gigabyte memliki kecepatan bandwith 10/1000 Mbps sedangkan switch non gygabyte memiliki kecepatan bandwitdh 10/100 Mbps.

Selain tidak memerlukan power supply DC dalam instalasi ip kamera, Kelebihan lainnya menggunakan switch POE dalam pemasangan ip kamera yaitu instalasi lebih rapi dan juga lebih menghemat kabel utp untuk ip kameranya. Sedangkan jika dalam pemasangan ip kamera kalian menggunakan switch hub biasa atau non poe, kalian bisa menggunakan alat tambahan seperti POE splitter atau POE injector yang bisa kalian baca pada artikel saya sebelumnya

Baca juga : Cara pasang POE splitter dan POE injector,

Mungkin itu saja penjelasan saya mengenai perbedaan switch hub biasa dan switch poe. Pada intinya perbedaan yang paling mendasar adalah pada setiap port switch poe terdapat power supply DC yang sedangkan pada port switch hub biasa tidak terdapat power supply DC. Selain itu untuk harga tentu switch poe lebih mahal dari switch hub biasa. Sekian dulu penjelasan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.

2 Responses to "Perbedaan switch POE dengan switch Hub"

  1. Assalamualaikum
    saya mau tanya apakah POE jenis A (power dan data gabung di pin 123 dan 6) bisa digunakan untuk setting CCTV Hikvision? tks wass wrwb

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel