Mengenal ukuran lensa untuk CCTV

InfoSistemKeamanan.com - CCTV (Close Circuit TeleVision) merupakan sebuah perangkat sistem yang digunakan sebagai pengintai. Pada cctv terdiri dari beberapa komponen yaitu alat perekam yang sering disebut dengan DVR dan kamera sebagai pengintainya.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang lensa yang digunakan pada camera cctv. Seiring berkembangnya teknologi dan juga demi memenuhi kebutuhan konsumen banyak sekali varian lensa yang digunakan. Perlu diketahui yang membedakan dari varian lensa camera cctv tersebut adalah lebar sudut pandang yang ditangkap oleh camera tersebut.

Mengenal ukuran lensa untuk CCTV

Berikut saya akan jelaskan mengenai ukuran lensa cctv dan juga kaitannya dengan jangkauan area pantau. Untuk menentukan lensa dalam pemakain cctv kalian harus memahami lebar area yang akan ditangkap oleh camera tersebut. Mungkin prinsipnya hampir sama seperti mata kita, ketika kita ingin melihat jangkauan yang lebar kita harus lebih mundur agar mata kita dapat melihat jangkauan lebih lebar.

Baca juga : Cara setting STB fiberhome untuk view cctv,

Kemudian untuk melihat suatu objek agar terlihat jelas kita haru melangkah kedepan mendekati objek tersebut agar nampak lebih jelas tetapi dengan kosekuensi sudut pandang lebih sempit. Berikut jenis-jenis ukuran lensa cctv beserta sudut pandang jangkauan yang tertangkap oleh camera cctv.

Mengenal ukuran lensa untuk CCTV

Selain menggunakan lensa diatas, ada juga camera cctv yang menggunakan lensa verivocal. Lensa verifocal adalah ukuran lensa yang bisa diatur secara optical lebar lensa dan juga jarak pandang sesuai dengan kebutuhan kalian. Sedangkan ukuran lensa dari kamera verivocal berkisar antara 3,6mm sampai dengan 12mm.

Pada intinya semakin kecil ukuran lensa yang digunakan semakin lebar jangkauan area yang tertangkap oleh camera tersebut dan jarak pandang normal semakin kecil. Sebaliknya semakin besar ukuran lensa semakin sempit sudut pandang camera tersebut tetapi jarang pandang normal semakin jauh.

Sekedar tambahan untuk mempermudah kalian menentukan ukuran lensa cctv yang akan kalian pakai, kalian bisa menggunakan kamera ponsel/HP untuk menetukan sudut pandang. Pada umumnya kamera ponsel default lensa menggunakan 4mm, cobalah ambil gambar pada posisi kamera yang akan kalian pasang dan lihatlah hasilnya. Jika menurut kalian kurang lebar gunakan lensa yang lebih kecil sperti 3,6mm atau 2,8mm.

Mungkin itu saja penjelasan kali ini mengenai ukuran lensa cctv. Jika kalian belum jelas dengan penjelasan saya diatas silahkan tinggalkan komentar pada kolom dibawah postingan ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga : Perbedaan switch hub dengan switch POE,

2 Responses to "Mengenal ukuran lensa untuk CCTV"

  1. top 5 home security systems Setup for Vivint required me about all around 30 minutes and so i am someone that techniques slowly and gradually being specific everything functions excellent. Vivint can be a security alarms technique I’ll use for my home in Ca too as it is totally cost-effective.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel