Perbedaan fail safe dan fail secure pada akses kontrol pintu

InfoSistemKeamanan.com - Istilah fail safe dan fail secure adalah sebuah tipe yang terdapat pada electric lock yang digunakan pada akses kontrol. Apa itu electric lock ? Electric lock adalah sebuah kunci keamanan pintu yang berbasis elektronik yang digunakan untuk akses kontrol pintu.

Perbedaan fail safe dan fail secure pada akses kontrol pintu

Pada artikel sebelumnya sudah pernah saya jelaskan tentang cara pasang sistem akses kontrol beserta komponen-komponen apa saja yang dibutuhkan dalam memasanag sistem tersebut. Akses kontrol adalah sistem keamanan pintu, sehingga kita harus pintar memilih type electric lock yang akan digunakan dengan cara menyesuaikan dengan pintu yang akan kita pakai.

Baca juga : Cara pasang akses kontrol dengan benar,

Langsung saja kembali ke penjelasan saya kali ini tentang perbedaan antara fail safe dan fail secure pada sistem akses kontrol sebagai berikut.

Perbedaan Fail Safe dan Fail Secure

  • Fail Safe

Fail safe adalah tipe electric lock yang akan bekerja apabila terdapat arus tegangan pada elecktric lock tersebut. Lock tipe ini biasanya digunakan pada pintu-pintu yang banyak aktifitas orang keluar masuk lewat pintu tersebut.

Dengan menggunakan tipe fail safe pintu akan otomatis terbuka jika terjadi emergency atau listrik padam. Sehingga orang-orang yang ada didalam ruangan tersebut langsung dapat keluat jika terjadi emergency seperti kebakaran atau lainnya.

  • Fail Secure

Fail secure adalah tipe electric lock yang akan tetap bekerja apabila terjadi pemutusan aliran listrik atau listrik padam. Lock tipe ini biasanya digunakan pada pintu-pintu yang aktifitas keluar masuk seseorang sangat kecil karena didalamnya terdapat barang-barang yang berharga.

Kenapa demikian ? Karena jenis lock ini akan tetap memberikan proteksi pada pintu tersebut ketika listrik mati. Hal tersebut berfungsi jika ada seseorang yang ingin mengambil barang berharga didalam ruangan tersebut dengan cara mematikan listrik agar sistem akses kontrol juga ikut mati. Dengan menggunakan lock tipe ini sistem akses kontrol akan tetap berjalan.

Baca juga : Perbedaan kartu mifare dan proximity untuk akses kontrol,

Banyak sekali jenis electric lock yang bisa kalian gunakan untuk pemakaian sistem akses kontrol. Hal tersebut dibedakan dengan mekanisme penguncian pada pintu yang akan dipasang. Seperti Electromagnetic lock (Emlock), Electric door strike dan Electric drop bolt yang mungkin akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Mungkin itu saja penjelasan saya mengenai perbedaan sistem electric lock fail safe dan fail secure. Jika kalian kurang mengerti dengan penjelasan saya diatas silahkan tanyakan langsung melalui kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih.


0 Response to "Perbedaan fail safe dan fail secure pada akses kontrol pintu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel