Perbedaan IP camera dan Analog camera CCTV

InfoSistemKeamanan.com - IP Camera dan Analaog Camera merupakan perangkat sistem keamanan yang cukup berkembang dengan seiring kemajuan teknologi pada jaman sekarang. Mungkin ip camera lah yang paling berkembang lebih cepat dibanding dengan analog kamera, karena ip camera sudah dilengkapi fitur-fitur yang lebih lengkap dibanding analog camera.

Salah satu fitur yang terdapat pada ip camera adalah face detection, dimana camera tersebut dapat mendeteksi wajah seseorang dan kemudian terekam kedalam sebuah alat perekam yang disebut NVR. Untuk alat perekam dari kedua jenis camera tersebut sudah pernah saya bahas pada postingan sebelumnya dan bisa kalian baca terlebih dahulu jika kalian belum memahaminya.

Baca juga : Perbedaan DVR dan NVR

Sesuai dengan pembahasan di atas, berikut perbedaan analog camera dan ip camera.

Analaog Camera

Perbedaan IP camera dan Analog camera CCTV

Analog camera merupakan sebuah perangkat sistem keamanan yang mampu untuk menangkap gambar dari sebuah objek dan tersimpan kedalam sebuah alat perekam dalam bentuk video atau gambar. Analog camera memiliki berbagai variasi resolusi camera, dimana semakin besar resolusi kamera yang dipakai semakin bagus pula gambar atau video yang tertangkap dan tersimpan.

Salah satu perbedaan dari ip camera dan analog camera adalah penggunaan kabel yang dipakai untuk pemasangan camera tersebut. Untuk mendapatkan sebuah video atau gambar dari analog camera ini membutuhkan sebuah kabel coaxial, dimana kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan antara analog camera ke alat perekam.

IP Camera

Perbedaan IP camera dan Analog camera CCTV

Ip camera merupakan teknologi terbaru dari sebuah perangkat sistem keamanan. Ip camera juga merupakan perkembangan dari analog camera. Untuk gambar yang dihasilkan oleh ip camera tentu saja lebih bagus dari pada analog camera, karena ip camera sendiri lebih mendekati ke camera digital.

Mengapa demikian ? Karena selain menggunakan kabel data, di dalam ip camera juga memiliki slot penyimpanan tersendiri yang bisa kalian pasang memori card sebagai media penyimpanannya. Hal tersebut juga bisa difungsikan sebagai backup penyimpanan jika terjadi kerusakan hardisk di perekam ip camera tersebut.

Baca juga : Cara pasang IP camera dengan benar,

Selain perbedaan di atas masih banyak lagi perbedaan yang lainnya seperti hasil gambar, penggunaan alat perekam, tambahan alat lainnya dalam proses instalasi serta wiring pemasangan dari keduanya. Selain itu dari segi harga tentu saja ip camera lebih mahal dibandingkan dengan analog camera.

Tetapi dari segi instalasi IP camera mungkin lebih simple dan juga menghemat penggunaan kabel dalam proses pemasangan. Mungkin itu saja penjelasan dari saya mengenai perbedaan IP Camera dan Analog Camera, semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih.

4 Responses to "Perbedaan IP camera dan Analog camera CCTV"

arm
  1. I admire this article for the well-researched content and excellent wording. I got so involved in this material that I couldn’t stop reading. I am impressed with your work and skill. Thank you so much. Hikvision Suppliers

    ReplyDelete
  2. I would state, you do the truly amazing.This substance is made to a magnificent degree well. security camera installation

    ReplyDelete
  3. I think this is an informative post and it is very useful and knowledgeable. therefore, I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article. CCTV Melbourne

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel