Cara mengatasi DVR CCTV tidak tampil di monitor

InfoSistemKeamanan.com - DVR cctv tidak tampil dimonitor merupakan masalah yamg sering terjadi ketika kalian selesai melakukan instalasi pemasangam cctv. Tentu saja kalian akan mengalami kesulitan ketika akan menyetting dvr tersebut karena dvr tidak tampil dimonitor.

Sebelum memastikan kalau dvr tersebut rusak, ada beberapa hal yang harus kalian lakukan untuk mengecek masalah yang terjadi di dvr tersebut sebelum kalian menggantinya. Ada beberapa hal yang menyebabkan dvr tersebut tidak tampil dimonitor sehingga kalian perlu untuk mengeceknya.

Cara mengatasi DVR CCTV tidak tampil di monitor

Hal-hal tersebut akan saya jelaskan pada postingan kali ini untuk membantu kalian menganalisa dari permasalahan di atas. Langsung saja berikut beberapa hal yang harus kalian lakukan ketika dvr cctv tidak tampil di monitor.
  • Cek kabel output dari dvr ke monitor
Kabel output dari dvr ke monitor menggunakan 2 macam, yaitu bisa menggunakan kabel HDMI dan juga bisa menggunakan kabel VGA. Jika kalian menggunakan salah satu dari kabel tersebut, coba ganti kabel tersebut dengan menggunakan kabel baru. Jika langkah pertama ini belum berhasil lanjut ke langkah selanjutnya.
  • Periksa TV monitor
Yang kalian harus lakukan pada langkah kali ini yaitu pindahkan input hdmi di tv ke input hdmi lainnya. Jika masih sama saja coba ganti tv monitor, biasanya dvr tidak bisa tampil dimonitor disebabkan oleh resolusi monitor yang nggak support menerima input dari DVR. Jika hal tersebut terjadi silahkan turunkan resolusi dari dvr tersebut.

  • Cek hardisk di dalam dvr
Untuk cara ini kalian harus membuka perangkat dvr dan lepas kabel hardisknya. Setelah itu nyalakan dvr tersebut, jika dvr tampil dimonitor berarti penyebabnya ada di hardisk dan jika tetap tidak tampil berarti sudah dipastikan kerusakan ada di dvr.

Memang banyak hal-hal yang menyebabkan dvr tidak tampil dimonitor seperti penjelasan saya di atas. Sebelum melakukam 3 hal di atas, kalian harus memastikan terlebih dahulu bahwa dvr tersebut benar-benar menyala tetapi tidak tampil dimonitor tv.

Baca juga : Cara mengatasi hardisk cctv rusak,

Hal tersebut bertujuan untuk menganalisa apakah kerusakan disebabkan oleh adaptor dari dvr tersebut. Mungkin itu saja penjelasan saya mengenai cara mengatasi dvr cctv tidak tampil dimonitor. Jika kalian kurang jelas kalian bisa tanyakan kepada saya melalui kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih.

10 Responses to "Cara mengatasi DVR CCTV tidak tampil di monitor"

  1. Safety and security top 5 home security systems is something that useful want, with a house home security system from ADT Stability, you can be assured that you will be as safe as is possible. I have been using their solutions for years and there is absolutely no other stability organization which i would at any time trust more.

    ReplyDelete
  2. Gambar dapat di lihat di hp tapi tidak tampil di monitor tv 65 inchi kemudian saya ganti di tv 32 inchi biasanya tampil, juga tidak tampil kemudian saya matikan saya tunggu +- 15 menit dan saya hidup lagi nyala
    Tidak lama hilang lagi

    ReplyDelete
  3. dvr spc saya error pada resolusi ada pencerahan master?

    nb: jadi begitu loading langsung tampilan tidak suport dan rekomen resolusindi 1360 x 768

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada posisi DVR menyala Klik dan tahan mouse kana kiri secara bersamaan sampai Keluar logo SPC ya

      Delete
  4. gambar cctvnya muncul di tv yang lama, karena tv agak keci maka saya ganti dengan yang besar yang jenis smart tv tapiu gambarnya malah gak muncul... gimana ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. merek apa duluu dvr nya om.. panggil IP dvrnya di laptop lewat internet explorer, lalu atur resolusinya

      Delete
  5. Mau tanya gan....DVR saya tidak bisa tampil di monitor coba saya :
    # Saya pindah/ganti kabel outputnya masih tidak bisa.
    # Saya lepas hdd nya juga masih gak bisa
    # Lampu indikator line network tidak nyala.
    # Lampu indikator power nyala tapi lampu indikator network sama hdd mati.
    # Biasanya kalo di awal menyalakan dvr biasanya ada suara bip tapi ini tidak ada.
    Kira - kira permasalahannya di mana ya suhu....mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya DVR nya merek apa ? lampu network tidak nyala apa jaringannya sudah terhubung dengn menggunakan kabel LAN, kalau semua sudah di coba,, langkah terakhir test pakai DVR baru sebelum di pastikan DVRnya yang bermasalah

      Delete
  6. permisi, ingin tanya, dvr saya hikvision 16 channel, tidak keluar tampilan di monitor, sudah saya ganti2 kabel vga/hdmi, monitor juga sudah coba diganti pakai smart tv, adaptor dvr juga sudah ganti, lepas kabel hd juga sudah dicoba, masih tetap tidak bisa, kira2 mengapa ya? kalau masalah resolusi, bagaimana bisa akses ke settingnya? thx

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel