Perangkat kebutuhan instalasi IP Camera

InfoSistemKeamanan.com - IP camera adalah teknologi system cctv terbaru yang sudah berbasis digital dan dapat mentransfer data melalui jaringan komputer atau internet.

Mungkin banyak orang masih bingung tentang bagaimana cara instalasi cctv IP camera serta apa saja alat yang dubutuhkan untuk melakukan instalasi cctv ip camera tersebut. Banyak sekali hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemasangan ip camera agar camera tersebut berjalan dengan benar.

Perangkat kebutuhan instalasi IP Camera

Pada artikel sebelumnya sudah banyak sekali saya membahas tentang IP camera serta cara pasangnya. Mungkin bagi kalian yang belum pernah membacanya bisa kalian baca terlebih dahulu agar kalian paham

Baca juga : Cara pasang IP camera dengan benar,

Kemudian pada postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang komponen perangkat apa saja yang digunakan untuk kebutuhan instalasi cctv dengan menggunakan IP camera. Langsung saja berikut beberapa perangkat - perangkat tersebut beserta penjelasan singkatnya.


  • NVR (Network Video Recorder)

NVR adalah perangkat yang digunakan sebagai alat perekam dari gambar atau video yang ditangkap oleh IP camera. Hampir mirip seperti DVR, Nvr juga dibagi menjadi beberapa type yaitu 4 chanel, 8 chanel, 16 chanel hingga 32 sampai 64 chanel.

  • Hardisk

Hardisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data rekaman video yang tertangkap oleh ip camera cctv. Kapasitas hardisk untuk cctv terdiri dari beberapa macam mulai dari 500GB hingga 8 TB. Pada intinya semakin besar kapasitas hardisk yang digunakan semakin lama juga file rekaman video yang disimpan.

  • IP Camera

Tidak perlu banyak saya jelaskan, intinya ip camera ini adalah perangkat yang digunakan untuk menangkap gambar atau video suatu objek.

  • Switch POE

Switch poe (power over ethernet) berbeda dengan switch hub biasa, switch poe dalam pemasangan ip camera merupakan pengganti dari power suplly untuk cameranya. Jadi tanpa kalian menggunakan power supply adaptor, dengan menggunakan switch POE ini camera sudah bisa menyala.

Baca juga : Perbedaan switch POE dan Switch Hub, Cara mengatasi Hardisk cctv tidak terbaca,

  • Kabel Lan & konektor RJ45

Kabel lan dan konektor RJ45 dalam instalasi ip camera digunakan untuk menguhungkan antara IP camera dengan switch POE atau juga berfungsi untuk mengirimkan data dari IP camera ke NVR

Mungkin perangkat yang terpenting dalam pemasangan ip camera hanya seperti di atas. Untuk alat - alat tambahan seperti tang krimping, tang potong dan sebagainya mungkin kalian sudah tau apa saja alat yang akan kalian gunakan.

Untuk membedakan dari cctv analog camera dan ip camera kalian bisa baca postingan saya sebelumnya yaitu tentang perbedaan antara analog camera dengan ip camera. Bagaimana cukup jelas bukan penjelasan saya kali ini ? Jika kalian kurang paham dengan penjelasan saya, silahkan tanyakan pada kolom komentar dibawah ini. Semog bermanfaat dan terimakasih.

1 Response to "Perangkat kebutuhan instalasi IP Camera"

  1. In terms of your safety, home security systems you never want to select some no-label stability company. You will never know the particular assistance you are going to acquire. For superb service that can truly help keep you harmless, the sole name to believe in is Front Level

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel