Solusi pemasangan cctv IP camera jarak jauh dengan kabel fiber optik

InfoSistemKeamanan.com - Fiber optik adalah sebuah kabel yang di dalamnya terbuat dari kaca yang dapat mentransmisikan sinyal data dalam bentuk cahaya. Solusi menggunakan kabel fiber optik ini biasanya digunakan ketika pemasangan IP camera pada jarak yang jauh sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan kabel LAN.

Kabel fiber optik mampu mentransmisikan data pada jarak 0 hingga 20km dengan kecepatan yang sangat tinggi sehingga tidak perlu di kwatirkan lagi untuk kestabilan data yang di alirkan oleh kabel tersebut.

Solusi pemasangan cctv IP camera jarak jauh dengan kabel fiber optik

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang cara instalasi cctv IP camera dengan menggunakan kabel fiber optik dan juga kebutuhan. Tetapi sebelumnya perlu kalian ketahui kabel fiber optik dibagi menjadi 2 jenis, yaitu kabel fiber optik single mode dan multi mode.

Kabel fiber optik single mode adalah kabel data yang di dalamnya hanya terdapat satu transmisi saja sehingga hanya mampu menyebarkan cahaya pada satu inti saja dalam suatu waktu. Sedangkan kabel fiber optik multi mode adalah kebel data yang di dalamnya terdapat banyak transmisi data sehingga mampu menyebarkan cahaya secara bersamaaan dalam sauatu waktu.

Berikut kebutuhan apa saja yang digunakan untuk instalasi cctv IP camera dengan menggunakan kabel fiber optik

  • Kabel fiber optik single mode
  • Patch cord / Conector FO
  • Converter FO to Lan
  • Switch gigabyte

Dari ke 4 kebutuhan tersebut adalah komponen utama yang harus dibutuhkan ketika akan melakaukan instalasi cctv ip camera menggunakan kabel fiber optik. Berikut penjelasan dari masing-masing kebutuhan di atas.


  • Kabel fiber optik single mode

Kenapa menggunakan single mode ? Perlu kalian ketahui kabel fiber optik single mode dapat membawa data dengan bandwith yang lebih besar dari pada multi mode. Selain itu kecepatan data kabel fiber optik single mode juga lebih cepat dibandingkan dengan kabel fiber optik multi mode.


  • Patch cord / Connector FO

Patch cord adalah kabel fiber optik yang sudah terpasang konektor pada ujungnya. Selain menggunakan patch cord kalian bisa juga langsung menggukan konektornya untuk dipasang di kabel fiber optik single mode.


  • Converter FO to LAN

Converter ini digunakan untuk mengkonvert dari kabel fiber optik ke kable LAN sehingga bisa dihubungkan ke swich hub dan bisa langsung dikoneksikan ke cctv IP Cameranya.


  • Switch gigabyte

Switch gigabyte adalah switch hub biasa yang digunakan pada umumnya. Tetapi switch gigabyte ini memiliki bandwith kecepatan data 10/1000mbps sehingga berpengaruh pada hasil gambar yang dihasilkan dari ip camera yang digunakan. Sedangkan switch hub biasanya hanya memiliki bandwith kecepatan datan yaitu 10/100 mbps saja sehingga tidak di rekomendasikan untuk menggunakan switch hub tersebut.

Setelah mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk melakuan instalasi cctv ip camera dengan menggunakan kabel fiber optik, berikut gambar untuk wiring diagram pemasangannya.

Solusi pemasangan cctv IP camera jarak jauh dengan kabel fiber optik

Instalasi cctv menggunakan kabel fiber optik memang solusi terbaik jika jarak tarikan kabel tidak memungkinkan untuk menggunakan kabel LAN. Tetapi tentu saja ketika menggunakan kabel fiber optik biaya yang harus dikeluarkan akan lebih besar. Tetapi dengan biaya yang besar kalian akan mendapatkan hasil gambar yang sangat memuaskan dari ip camera yang kalian gunakan.

Baca juga : Cara pasang CCTV IP camera,

Mungkin itu saja penjelasan saya mengenai cara pemasangan IP camera dengan menggunakan kabel fiber optik. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih.

0 Response to "Solusi pemasangan cctv IP camera jarak jauh dengan kabel fiber optik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel