Mengenal teknologi EXIR pada camera hikvision

InfoSistemKeamanan.com - EXIR merupakan kepanjangan dari EXtended InfraRed, yaitu teknologi terbaru yang digunakan oleh camera hikvison untuk meningkatkan visibilitas pengawasan pada malam hari dalam kondisi lingkungan yang gelap.



Teknologi EXIR yang digunakan pada camera hikvision ini adalah tekonologi inframerah yang meningkatkan pencahayaan IR yang jauh lebih merata dibandingkan dengan cahaya inframerah pada camera konvensional. Pada camera konvensional menggunakan teknologi inframerah LED yang mungkin tidak fokus pada sebuah objek.

Salah satu manfaat dengan menggunakan teknologi EXIR ini yaitu objek yang tertangkap camera pada malam hari akan tampak lebih terang daripada kamera konvensional. Teknologi EXIR meningkatkan pencahayaan inframerah sebesar 30% dibandingkan dengan camera konvensional sebelumnya sehingga cahaya IR yang dipancarkan lebih kuatbdan jarak pandang yang lebih jauh pada kondisi gelap.

Untuk lebih jelasnya perbedaan dari camera yang menggunakan teknologi EXIR dengan camera konvensional silahkan lihat gambar dibawah ini.

Mengenal teknologi EXIR pada camera hikvision


Terlihat jelas perbedaan gambar di atas bahwasanya camera yang menggunakan teknologi EXIR cahaya IR yang dipancarkan lebih panjang dan lebih jauh untuk jarak pandangnya. Sehingga objek yang ditangkap oleh camera EXIR akan terlihat jelas dibandingkan dengan camera konvensional.

Camera yang dilengkapi dengan fitur EXIR ini tidak hanya bagus di malam hari saja, tetapi di siang harinya pun juga akan lebih jelas hasil gambar yang ditangkap oleh camera tersebut. Camera cctv yang berteknologi EXIR biasanya dilengkapi dengan fitur WDR, apa fitur WDR itu ?

WDR kepanjangan dari Wide Dynamic Range, teknologi WDR berfungsi untuk menyeimbamgkan cahaya pada gambar melalui sensor gambar CCD. Camera cctv yang di lengkapi dengan fitur WDR ini dilengkapi dengan sensor gambar CCD yang menangkap satu adegan beberapa kali dan menggabungkan tangkapan tersebut sampai kemudian dioptimalkan dari keseluruhan kualitas video atau gambar tersebut.
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar perbedaan antara camera yang menggunakan fitur WDR dan camera yang tanpa menggunakan fitur WDR di bawah ini.

Mengenal teknologi EXIR pada camera hikvision


Pada intinya teknologi WDR berfungsi untuk meminimalkan cahaya belebihan yang tertangkap oleh camera cctv. Dan perlu diketahui meskipun sudah memiliki fitur WDR tersebut pada camera cctv, tetap tidak disarankan jika memasang camera cctv untuk tidak langsung di arahkan ke beberapa sumber cahaya yang kuat.

Mungkin itu saja sedikit penjelasan saya mengenai teknologi EXIR dan WDR. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih.

0 Response to "Mengenal teknologi EXIR pada camera hikvision"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel