Tips merawat camera CCTV dengan benar

InfoSistemKeamanan.com - Tips merawat cctv merupakan hal yang perlu dilakukan untuk menambah keawetan camera cctv yang kalian gunakan. Selain menambah keawetan, merawat camera cctv juga bisa tetap menghasilkan gambar yang jernih dan hasil rekaman yang bagus.

Tips merawat camera CCTV dengan benar

Banyak sekali perangkat - perangkat yang digunakan oleh cctv sehingga bisa terekam dan menghasilkan gambar yang bagus. Dan tentu saja kalian juga perlu melakukan perawatan kepada perangkat - perangkat tersebut agar cctv bisa berjalan dengan semestinya.

Berikut hal - hal yang harus kalian lakukan untuk melakukan perawatan cctv dengan benar.


  • Cek kebersihan dari camera CCTV

Membersihkan camera cctv merupakan hal yang sangat penting dilakukan guna untuk memperoleh hasil gambar yang jernih dan bagus. Bersihkanlah bagian depan lensa CCTV dari hal - hal yang menghalangi hasil tangkapan camera seperti debu, sarang laba-laba dan sebagainya.


  • Cek semua konektor yang terhubung ke camera cctv

Conector merupakan penghubung antara camera cctv dengan alat perekam DVR. Conector terdiri dari 2 bagian yaitu conector video dan connector DC. Gantilah conector tersebut jika sudah berkarat atau kendor, karena jika connector mengalami kedua hal tersebut jika tidak di ganti dapat mengakibatkan konsleting sehingga bisa merusak alat perekam dari cctv tersebut.

Baca juga : Cara memperbaiki CCTV rusak,

  • Cek kesehatan hardisk yang dipakai di dalam DVR

Hardisk berperan sangat penting pada system cctv, yaitu menyimpan data file rekaman yang ditangkap camera cctv. Untuk cara mengecek hardisk yaitu lihat rekaman playback pada menu DVR apakah menyimpan dengan baik atau tidak. Dan lihat status hardisk pada menu DVR apakah normal atau tidak statusnya.


  • Periksa kembali konfigurasi system DVR

Lakukan pengecekkan pada settingan jam dan tanggal agar hasil video yang direkam dalam DVR sinkron dengan hari yang berjalan. Selain itu cek settingan perekaman apakah dvr sudah merekam dengan normal atau tidak. Pada masing-masing merek DVR biasanya terdapat sebuah tanda yang menunjukkan DVR tersebut sudah merekam dengan benar.

Baca juga : Cara setting jam DVR menggunakan NTP server,


  • Menambahkan perangkat tambahan

Jika listrik mati, cctv pun juga akan ikut mati. Maka dari itu kalian perlu menambahkan perangkat tambah seperti UPS untuk menghindari terjadinya kehilangan listrik secara tiba-tiba. Jika hal tersebut terjadi, selain cctv ikut mati juga dapat menyebabkan kerusakan pada hardisk di dalam dvr. Selain itu kalian juga perlu menambahkan surge protector untuk menghindari sambaran petir jika posisi di daerah kalian rawan petir.

Intinya perangkat CCTV kalian akan tetap awet dan berjalan dengan normal jika kalian rutin melakukan pengecekkan seperti penjelasan saya di atas secara berkala. Mungkin itu saja penjelasan saya mengenai cara merawat CCTV dengan benar. Semoga penjelasan saya di atas bermanfaat bagi yang belum memahami tentang merawat cctv.

Baca juga : Cara memasang surge protector/anti petir dengan benar,

0 Response to "Tips merawat camera CCTV dengan benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel