Kemudahan menggunakan IP Camera CCTV

InfoSistemKeamanan.com - Teknologi yang semakin berkembang dari perangkat security system menjadikan banyaknya produk baru yang di keluarkan oleh beberapa brand security system. Salah satu contoh yaitu produk cctv, banyak sekali varian cctv yang sekarang bermunculan dan mungkin saling bersaing dalam sistemnya.

Semakin terbaru produk keluaran dari cctv, semakin tinggi juga spesifikasi dari camera tersebut. Kalau dulu sering bermunculan camera-camera analog dan dengan resolusi yang sudah lumayan tinggi pada masanya, sekarang banyak juga bermunculan camera-camera analog dengan resolusi yang lebih tinggi lagi.

Kemudahan menggunakan IP Camera CCTV


Tetapi pada artikel kali ini saya tidak akan membahas tentang camera analog tersebut, melainkan akan membahas tentang kemudahan menggunakan IP camera CCTV pada teknologi terbaru sekarang. Apa sih IP camera itu ? IP camera merupakan produk terbaru cctv setelah camera analog dan memiliki teknolgi yang lebih canggih dari pada analog camera.

Baca juga : Kebutuhan pemasangan menggunakan IP camera,

ada beberapa kemudahan dengan menggunakan IP camera cctv, yaitu sebagai berikut.


  • Lebih menghemat kabel ketika melakukan instalasi di lapangan

Suatu contoh ketika kalian melakukan instalasi camera analog dengan jumlah camera 16 titik dan dalam rumah 2 lantai, pasti kabel dari masing-masing camera akan menuju ke alat perekam. dan hal tersebut pasti membutuhkan kabel yang sangat panjang. berbeda dengan menggunakan IP camera CCTV, kalian bisa menghemat kabel tanpa harus menuju ke perekam dari masing-masing camera. Untuk lebih jelasya silahkan baca artikel saya sebelumnya mengenai solusi pemasangan IP Camera pada gedung bertingkat.


  • Lebih mudah jika suatu saat akan melakukan penambahan jumlah camera

Jika melakukan penambahan IP camera kalian tidak perlu repot-repot melakukan tarikan kabel menuju server. Contoh jika server tersebut berada pada ruang kerja owner, tentu saja akan menggangu aktivitas kerja dari owner tersebut dan memakan waktu yang cukup lama. Dengan menggunakan IP camera cctv, kalian tinggal mencari switch terdekat jika akan melakukan penambahan camera tanpa harus mengganggu aktivitas kerja di ruangan server tersebut.


  • Maintenance yang sangat mudah jika terjadi kendala

IP camera CCTV pasti akan lebih mudah jika suatu saat terjadi kendala seperti cctv mati. Jika hal tersebut terjadi pada camera analog, tentu saja kalian harus cek satu persatu mulai dari, power supply camera, jack DC, jacak BNC dan lainnya. Berbeda dengan IP camera, kalian hanya perlu mengecek pada switch camera tersebut, apakah switchnya yang mati atau cameranya yang mati. jika sudah ditemukan masalahnya kalian tinggal ganti unit yang rusak tersebut.

Pada intinya dengan menggunakan IP camera CCTV memudahkan kalian dari awal hingga akhir, yaitu awal mudah saat pemasangan, dan pada akhir mudah saat melakukan Instalasi. Mungkin itu saja penjelasan saya mengenai kemudahan menggunakan IP camera CCTV, semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga : Cara instalasi IP camera cctv jarak jauh dengan kabel fiber optic,

0 Response to "Kemudahan menggunakan IP Camera CCTV"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel