Merubah format TVI AHD CVI pada kamera hikvision dengan mudah

InfoSistemKeamanan.com - Pada postingan sebelumnya sudah pernah saya bahas yaitu mengenai cara merubah format kamera tetapi dengan menggunakan kamera 4in1 SPC. Banyak teknisi cctv atau pun user yang pernah memakai kamera 4in1 mengalamai kebingungan tentang cara merubah format kamera 4in1, mengapa demikian ?

Merubah format TVI AHD CVI pada kamera hikvision


Hal tersebut disebabkan oleh device kamera yang dulunya terdapat sebuah tombol coaxial control atau sering disebut tombol 4in1, dan sekarang tombol tersebut sudah sangat jarang ditemukan. Coaxial control berfungsi merubah format kamera AHD TVI CVI serta CVBS yaitu dengan cara menekan dan tahan tombol coaxial control selama 5 detik dan format kamera akan otomatis berubah.

Baca juga : Cara merubah format 4in1 kamera SPC,

Pada kamera hikvision dulu banyak dijumpai tombol tersebut dan seiring keluar produk terbaru tombol coaxial control tersebut tidak disediakan lagi. Lalu bagaimana caranya untuk merubah format AHD, TVI, CVI dan CVBS pada kamera hikvision ? Untuk mengatasi hal tersebut kalian harus masuk ke menu OSD kamera hikvision melalui DVR hikvision juga. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkah merubah format kamera hikvision.


  • Langkah pertama hubungkan kamera hikvision demgan DVR hikvision juga yang sudah support 4in1.
  • Kemudian pada layar monitor, klik 2x pada kamera yang akan dirubah formatnya. Setelah itu klik kanan pada mouse dan pilih PTZ Control. Pada menu PTZ Control klik Menu untuk masuk menu OSD kamera hikvision.
Merubah format TVI AHD CVI pada kamera hikvision

  • Setelah masuk Menu OSD kamera hikvision cari menu Format camera / Output camera dengan cara klik tombol panah ke bawah dan tekan Iris (+) untuk enter.
  • Setelah itu geser ke kanan atau ke kiri dengan menggunakan tombol panah di PTZ Control untuk memilih format output cameranya.
  • Klik Save & Exit jika sudah selesai merubah output format video kamera hikvision.


Kemudian kenapa harus menggunakan DVR 4in1 ? Merubah format kamera hikvision hanya bisa di lakukan hanya dengan DVR Hikvision yang support ke 4 format tersebut. Karena jika tidak menggunakan dvr 4in kamera hikvision yang akan dirubah formatnya tidak akan bisa masuk menu OSD camera.

Baca juga : Cara setting kamera hikvision colourvu,

Mungkin itu saja penjelasan saya mengenai cara merubah format kamera hikvision dari TVI ke AHD, CVI atau CVBS. Semoga postingan kali ini bermanfaat dan terimakasih.

0 Response to "Merubah format TVI AHD CVI pada kamera hikvision dengan mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel