Cara setting Alarm In & Alarm Out DVR Hikvision

Cara setting Alarm In & Alarm Out DVR Hikvision


InfoSistemKeamanan.com - Ketikan kalian menggunakan DVR Hikvision, mungkin kalian akan menemukan port alarm yang terletak di belakang DVR. Namun tidak semua type DVR hikvision terdapat port tersebut.

Biasanya port tersebut kebanyakan tersedia pada type DVR hikvision seperti HUHI. Lalu apa fungsi dari port alarm tersebut ? Dan bagaimana cara menggunakannya ?

Bagi kalian yang belum mengerti tentang kegunaan port alarm tersebut serta cara settinggnya, pada artikel kali ini saya akan menjelaskannya.

Sebelumnya jika kalian sudah familiar dengan alarm system mungkin kalian tidak akan mengalami kebingungan untuk cara pemasangannya.

Pada sytem alarm terdapat 2 jenis port alarm, yaitu port alarm In dan port alarm Out.

Port alarm In digunakan untuk pemasangan sensor alarm yang akan digunakan. Lalu apa saja sensor alarm itu ?

Sensor alarm terdiri dari berbagai macam, seperti PIR detection, Magnectic Contact (MC), Smoke detector dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya tentang jenis-jenis sensor alarm serta kegunaanya silahkan baca artikel saya sebelumnya pada link berikut.

Baca juga : Type sensor alarm system serta kegunaannya,

Sedangkan port alarm out digunakan sebagai port sirine. Jadi ketika sensor mengalami triger port alarm ini akan membunyikan sebuah sirine yang sudah terpasang di port tersebut.

Langsung saja berikut tentang cara pasang serta setting port alarm DVR hikvision.

Port Alarm Out


Cara setting Alarm In & Alarm Out DVR Hikvision



Bisa kalian lihat pada gambar diatas di belakang DVR Hikvision terdapat port alarm berwarna hijau yang bentuknya kecil - kecil seperti port RS485.

Untuk alarm out alat yang kalian gunakan adalah adator 12volt serta sirine 12volt juga. Untuk cara pasangnya, pada bagian adaptor potong ujung kepala adaptornya.

Kemudian untuk ujung kabel (+) adaptor hubungkan ke port angka "1" dan untuk ujung kabel adaptor (-) hubungkan dangan kabel (-) sirine.

Dan kabel (+) sirine hubungkan ke port "G" pada alarm output. Setelah selesai melakukan pemasangan pada port alarm output, langkah selanjutnya yaitu setting pada DVR nya.

Setting ini digunakan agar ketika salah satu fitur DVR digunakan agar triger ke port alarm output. Banyak fitur alarm yamg kalian temukan di DVR hikvision, spert motion detection, line crossing dan sebagainya.

Baca juga : Macam-macam fitur alarm hikvision,

Untuk cara settingnya, langkah pertama kalian masuk menu System kemudian pilih menu Event. Pada tab menu Normal Event pilih salah satu fitur alarm yang akan kalian gunakan.

Salah satu contoh saya akan menggunakan fitur motion detection. Langkah pertama pilih camera yang akan di aktifkan fitur motion detectionnya.

Klik enable motion detection pada chanel camera tersebut, kemudian pada menu Linkage Action centang Triger by Alarm Output dan klik Apply.

Setelah melakukan setting alarm tersebut, chanel camera yang di enable motion detectionnya akan mengirimkan sinyal triger ke alarm output DVR ketika camera tersebut menangkap sebuah gerakan.

Sehingga sirine yang terpasang akan berbunyi.

Port Alarm In

Cara setting Alarm In & Alarm Out DVR Hikvision

Untuk port alarm in kalian bisa pasang seperti gambar di atas. Pada wiring di atas saya menggunakan Pir motion detection dan Door contact.

Untuk lebih jelasnya tentang cara PIR detection silahkan kalian baca artikel saya sebelumnya pada link dibawah ini.

Baca juga : Cara pasang PIR motion detection dengan mudah,

Kemudian apa fungsi utama dari alarm In ini ?

Jadi pada menu dvr kalian bisa atur record nya berdasarkan alarm saja. Hal ini dapat menghemat pemakaian hardisk serta memperpanjang masa penyimpanan hardisk.

DVR akan merecord jika salah satu sensor yang kalian pasang terjadi triger atau PIR yang kalian gunakan mendeteksi sebuah gerakan sehingga sirine pada alarm outnya berbunyi.

Untuk cara settingnya, Langkah pertama masuk menu Storage kemudian pada menu Recording Schedule centang kotak Enable Schedule dan pilih rekaman berdasarkan alarm.

Sehingga tampilannya seperti dibawah ini.

Cara setting Alarm In & Alarm Out DVR Hikvision


Setelah setting Schedule perekaman, aktifkan untuk alarm inputnya. Yaitu dengan cara masuk menu system kemudian pilih Event, pada tab menu event pilih alarm input.

Klik tombol edit pada Local<-1 dan atur seperti tampilan di bawah.

Cara setting Alarm In & Alarm Out DVR Hikvision

Klik apply kalau settingganya sesuai dengan gambar di atas.

Pilihan Local<-1, Local<-2 dan seterusnya adalah port alarm input yang kalian gunakan. Contoh saya memasang sensor gerak pada port alarm In 1, jadi kalian harus setting di Local<-1 begitupun seterusnya.

Mugkin itu saja penjelasan saya mengenai cara setting port alarm pada dvr hikvision. Jika kalian kurang jelas silahkan tanyakan pada kolom komentar dibawah ini.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

0 Response to "Cara setting Alarm In & Alarm Out DVR Hikvision "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel