Cara setting DDNS CCTV Hikvision Dengan mudah

Cara setting DDNS CCTV Hikvision Dengan mudah


InfoSistemKeamanan.com - DDNS adalah layanan untuk membuat suatu hostname dimana hostname tersebut dapat memperbarui sebuah IP public server dalam sistem CCTV. 

Seperti yang kalian ketahui, jika kalian pengguna internet maka kalian akan mendapat sebuah IP public dimana IP tersebut akan berubah setiap harinya.

Kecuali kalian berlangganan internet dengan menggunakan IP public statik maka IP tersebut tidak berubah-berubah setiap harinya. Dan tentu saja dengan biaya langganan yang tinggi.

Dalam sistem CCTV yang belum teradapat layanan acces cloud P2P gratis, agar CCTV tersebut bisa di akses dari jarak jauh, maka diperlukan sebuah hostname atau IP public yang statik. 

Kebanyakan CCTV sekarang sudah terdapat layanan gratis yaitu cloud P2P untuk akses cctvnya. Dan masih banyak juga pengguna cctv yang masih menggunakan hostname DDNS sebagai media untuk akses CCTV.

Baca Juga : Setting online DVR hikvision menggunakan cloud P2P terbaru,

Pada penjelasan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang cara setting DDNS cctv hikvision dengan mudah, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah pertama pastikan settingan IP Addres di DVR hikvision sudah static atau DHCP tidak di centang seperti gambar di bawah ini.

Cara setting DDNS CCTV Hikvision Dengan mudah


Setelah itu masuk settingan Port DVR buat port sesuai keinginan kalian, disini saya membuat HTTP port 8001 dan Media Port 8000.

Cara setting DDNS CCTV Hikvision Dengan mudah


Http port adalah port yang di gunakan untuk mengakses CCTV dari web atau komputer, sedangkan Media port adalah port yang di gunakan unuk mengakses CCTV dari HP dengan menggunakan software Hik-Connect.

Setelah setting IP Address dan Port DVR, langkah selanjutnya setting modem internet yang terkoneksi dengan DVR dengan menggunakan komputer,

Pastikan komputer kalian sudah terhubung dengan jaringan internet yang sama dengan DVR. 

Kemudian cek IP addrees dari modemnya dengan cara masuk command promt (CMD). Tekan tombol Windows + R di keyboard kemudian ketikkan CMD.

Setelah muncul tampilan command promt, ketikkan IP config lalu enter dan lihat berpa IP gatewaynya seperti gambar di bawah ini.

Cara setting DDNS CCTV Hikvision Dengan mudah


Di atas IP gatewaynya modem yang saya gunakan adalah 192.168.1.1 kemudian masuk internet browser di komputer kalian. Pada bagian URL ketikkan IP gateway dari modemnya.

Setelah muncul form login untuk masuk modem, masukkan username dan password dari modem kalian. 

Kemudian cari menu DMZ dan Port Porwading di dalam menu modem internet.

Pada menu DMZ masukkan IP addrees dari DVR kalian, sekali lagi pastikan DVR kalian sudah terhubung ke satu modem yang sama dengan komputer yang kalian gunakan.

Lihat seperti gambar di bawah ini kemudian klik Apply/Submit.

Cara setting DDNS CCTV Hikvision Dengan mudah


Selanjutnya pada menu port forwading, masukkan IP Address DVR serta port yang digunakan sesuai dengan settingan sebelumnya.


Cara setting DDNS CCTV Hikvision Dengan mudah


Kemudian kli Add dan port forwading yang sebelumnya ditambahkan akan muncul di bawahnya.

Setelah itu masuk website Yougetsignal untuk mengecek apakah port yang kalian gunakan sudah open atau belum. Jika masih close maka kalian tidak akan bisa mengakses DVR dengan menggunakan DDNS.

Masukkan media port dan HTTP port seperti gambar dibawh ini kemudian klik Check, Pastikan statusnya sudah Open.

Cara setting DDNS CCTV Hikvision Dengan mudah


Setelah selesai setting DMZ dan Port forwadding serta test open port, langkah selanjutnya kalian harus punya akun di salah satu penyedia layanan DDNS seperti Dyndns, No-IP dan lainnya untuk membuat sebuah hostname.

Untuk yang sudah familliar kebanyakan DVR cctv menggunakan layanan Dyndns dan No-IP.

Kedua layanan tersebut merupakan layanan DDNS yang berbayar, maka kalian harus menyewa minimal 1 tahun agar bisa membuat sebuah hostname yang nantinya bisa digunakan untuk CCTV kalian.

Baca juga : Cara setting online DVR UNV menggunakan EZview,

Pada penjelasan kali ini saya menggunakan akun gratisan di layanan No-IP, silahkan kunjungi website No-IP yang linknya sudah saya cantumkan disini.

Silahkan mendaftarkan akun kalin di website No-IP, disana di tunjukkan masing-masing kelebihan ketika kalian menggunakan layanan yang free dengan layanan yang berbayar.

Setelah mendaftarkan akun, Buat 1 hostname yang nantinya akan di gunakan di DVR kalian seperti contoh di bawah ini.

Setelah kalian berhasil membuat hostname, pada dasborar No-IP pilih menu hostname dan akan muncul hostname yang kalian buat tadi.

Cara setting DDNS CCTV Hikvision Dengan mudah


Karena saya menggunakan akun free maka DDNS atau hostname yang saya pakai akan ada expirednya per 30 hari. Dan setelah itu kalian akan di minta untuk memperpanjang dengan cara menyewa selama 1 tahun.


Cara setting DDNS CCTV Hikvision Dengan mudah


Setelah berhasil membuat hostname masuk lagi ke settingan modem internet kalian, cari menu DDNS lalu masukkan nama hostname yang kalian buat sebelumnya beserta akun username dan password yang sudah terdaftar.

Cara setting DDNS CCTV Hikvision Dengan mudah



Hal ini berfungsi agar setiap IP publik modem kalian berganti maka akan selalu update dan CCTV tetap bisa di akses di manapun kalian berada.

Kemudian masuk juga di menu DDNS DVR, kalian juga harus memasukkan nama hostname serta username dan password di menu tersebut seperti gambar di bawah ini.

Cara setting DDNS CCTV Hikvision Dengan mudah



Pada DDNS Type, pilih layanan yang sesuai dengan yang kalian gunakan. Disini saya menggunakan No-IP maka di menu ddns dvr saya memilih No-IP.

Setelah itu kli Apply.

Setelah semua sudah di lakukan, sekarang tinggal memasukan hostname di aplikasi DVR nya, disini saya menggunaka DVR Hikvision maka aplikasi yang digunakan yaitu Hik-Connect.

Langkah pertama buka aplikasi Hik-connect, kemudian klik tombol plus di pojok kanan atas dan pilih manual adding. Pada pilihan Adding type pilih IP/Domain.

Isi semua kolom seperti gambar dibawah ini, untuk alamat masukkan hostname yang sudah kalian buat sebelumnya dan password adalah password dari DVR kalian. Dan untuk Port menggunakan media port yang juga sudah kalian tentukan sebelumnya.

Cara setting DDNS CCTV Hikvision Dengan mudah

setelah itu klik save maka cctv akan tampil di hp kalian dengan menggunakan Hostname DDNS.

Kemudian untuk akses di komputernya kalian tinggal memasukkan hostname di bagian link Url internet explorer dengan di ikuti Http Portnya seperti gambar di bawah ini. 

Cara setting DDNS CCTV Hikvision Dengan mudah


Maka DVR cctv kalian akan otomatis tampil di layar komputer kalian setelah memasukkan username dan password dari DVRnya.

Pada intinya DDNS berfungsi untuk mengupdate IP public dari langganan internet kalian. 

Jika digunakan untuk cctv maka perlu sekali IP public yang selalu update dengan perantara DDNS ini agar cctv tetap bisa di akses kapanpun dan dimanapun.

Mungkin itu saja penjelasan saya mengenai cara setting DDNS CCTV Hikvision. Jika kalian kurang memahami dengan penjelasan saya silahkan tanyakan langsung di kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

0 Response to "Cara setting DDNS CCTV Hikvision Dengan mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel