Cara setting Two Way audio DVR Hikvision

Cara setting Two Way audio DVR Hikvision


InfoSistemKeamanan.com - Pernahkah kalian melihat CCTV di lampu merah yang bisa keluar suara untuk mengingatkan natau menegur pengendara yang melanggar lalu lintas ?

Jika kalian sudah pernah melihatnya, itulah yang dinamakan Two Way audio. Two way audio adalah sebuah fitur dari DVR untuk melakukan komnunikasi 2 arah antara pengguna CCTV dengan obyek yang di tangkap.

Pada kemjauan technology pada jaman sekarang banyak perempatan lampu merah di jalan-jalan raya terpasang CCTV yang gunanya untuk mengawasi pengendara.

Selain buat mengawasi pengendara, CCTV tersebut juga bisa memperingatkan pengendara yang melanggar lalu lintas seperti tidak pakai helm, melanggar marka jalan dan sebagainya.

Fitur Two way audio itulah yang kebanyakan digunakan oleh petugas lalu lintas untuk menegur atau mengingatkan pengendara tersebut.

Baca Juga : Cara setting Alarm In/Out DVR Hikvision,

Lalu bagaimana cara setting CCTV tersebut ? Dan alat apa aja yang di butuhkan ? Langsung saja saya bahas pada artikel kali ini. 

Pertama kalian harus tau dulu type camera yang kalian gunakan. Mengapa demikian ? Untuk menggunakan fitur Two way audio kita memanfaatkan input dan output dari camera maupun DVR nya.

Jadi camera atau DVR yang digunakan harus ada port untuk Audionya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh camera yang ada port audionya seperti gambar di bawah ini.

Cara setting Two Way audio DVR Hikvision


Agar kita bisa memanfaatkan fitur two way audionya ada beberapa perlengkapan pendukung lainnya seperti di bawah ini.

Cara setting Two Way audio DVR Hikvision

Sedangkan untuk cara pasangnya silahkan ikuti wiring pemasangan seperti di bawah ini.

Cara setting Two Way audio DVR Hikvision

Untuk penjelasannya dari output audio di camera masukkan kabel jack audio ke input amplifier Toa (AUX 1). Kemudian dari Amplifer bagian speaker Out gunakan masukkan kabel dari Toa.

Jika kalian memanfaatkan audionya dari Output audio DVR tidak beda jauh dari wiring di atas. Bedanya di penggunaan kabel jack audio, kalau di camera menggunakan jack audio 3,5mm sedangkan di DVR menggunakan jack audio RCA.

Cara setting Two Way audio DVR Hikvision

Pada DVR pastikan jack audio di tancapkan di Out Audio jangan di In Audio.

Keras atau tidak suaranya tergantung amplifier dan toa yang kalian gunakan, semakin besar amplifier dan toa yang digunakan semakin keras juga suaranya.

Kemudian pada sisi operator untuk melakukan komunikasi 2 arah tentu saja membutuhkan sebuah microphone.

Kalian bisa menggunakan microphone external atau kalian juga bisa memanfaatkan michrophone HP atau Laptop tergantung kalian mengakses CCTV tersebut.

Jika kalian menggunakan HP untuk akses CCTVnya, pada aplikasi Hik-Connect klik icon microphone lalu akan muncul keterangan IP camera atau DVR/NVR seperti gambar di bawah ini.


Cara setting Two Way audio DVR Hikvision


Ketika audionya berasal dari camera kalian bisa pilih IP Camera, begitu sebaliknya ketika audionya berasal dari DVR/NVR kalian bisa pilih DVR/NVR.

Sedangkan jika menggunakan PC atau Laptop, di software IVMS-4200 kalian bisa cari icon microphone di bagian bawah. Lalu kalian bisa berbicara dengan memanfaatkan mic dari PC/laptop kalian.

Baca juga : Cara setting IVMS-4200 di komputer,

Sistem seperti ini biasanya kebanyakan digunakan di sebuah command center untuk pengawasan lalu lintas.


0 Response to "Cara setting Two Way audio DVR Hikvision"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel