Cara mengatasi permasalahan OSD pada IP Camera Hikvision, Your CCTV is vulnerable and can be exposed,

InfoSistemKeamanan.com - Kendala menu OSD yang tiba - tiba muncul tulisan pada tampilan IP Camera hikvsion akhir-akhir ini sering terjadi di dunia perCCTVan. 

Berikut contoh tampilan IP Camera CCTV hikvision yang mengalami permasalahan OSD.

Cara mengatasi permasalahan OSD pada IP Camera Hikvision, Your CCTV is vulnerable and can be exposed,


Jika tampilan CCTV IP camera muncul tulisan "Your CCTV us vulnerable and  can be exposed, fix it pls - DIY or Telegram me - faxocitey" berarti sedang terjadi kendala di OSD nya.

Sedangkan ada beberapa sharing dari teknis CCTV lainnya bahwasanya jika diterjemahkan dari keterangan di atas CCTV mudah direntan dan dapat diekspos yang kemungkinan ada isu CCTV akan mudah di akses.

Untuk kendala ini baru ditemui dimerk Hikvision, sedangkan untuk merk lain saya pribadi belum mengetahuinya apakah ada masalah yang sama.

Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi serta mencegah agar masalah OSD tidak terjadi kembali.

Langkah-langkah mengatasi dan mencegah  permasalahan OSD pada IP Camera Hikvision

1. Ganti password NVR / IP Camera ke yang lebih kuat

Kebanyakan teknisi CCTV menggunakan password yang simple dan mudah untuk di ingat, dengan menggunakan unsur admin dan menambahkan angka yang berurutan dibelakangnya.

Pada kasus ini untuk password yang masih menggunakan kedua unsur diatas, agar segera di ganti ke password yang lebih kuat.

Gunakan 3-4 jenis karakter termasuk huruf kapital. huruf kecil, angka dan simbol. Jangan sertakan nama pengguna, admin serta nomor berurutan sperti 1111, 1234, 4321 untuk membuat kata sandi.

Jika sudah terlanjur membuat password yang menggunakan unsur admin serta nomor berurutan segera ganti password yang lebih kuat untuk menghindari terjadinya permasalahan OSD.

Berikut cara untuk merubah password IP camera atau NVR dari browser intenet explorer.

Cara mengatasi permasalahan OSD pada IP Camera Hikvision, Your CCTV is vulnerable and can be exposed,

Baca juga : Cara lengkap setting IP Camera CCTV,

Langkah pertama akses IP camera/NVR dari browser internet explorer dengan cara memasukkan IP address pada bagian link atas.

Setelah itu masukkan password awal yang sebelumnya di gunakan, kemudian masuk menu konfigurasi. Pada bagian samping kiri pilih menu Sistem kemudian user management dan pada bagian paling kanan pilih icon pensil atau tombol edit. 

Masukkan password lama dan ganti password yang baru, pastikan keterangan di bawah kolom passowrd muncul strong.


2. Hapus OSD (On-Screen Dispay) jika terdapat Notifikasi OSD 

OSD adalah sebuah notifikasi yang akan muncul otomatis dilayar cctv. OSD juga bisa berupa menu yang akan muncul di layar cctv ketika kita akan melakukan settingan pada camera cctv tertentu.

Untuk menghindari notifikasi seperti pada postingan kali ini, hapus semua notifikasi-notifikasi yang ada di menu OSD jika terdapat tulisan notifikasi pada menu OSD baik IP Camera maupun NVR.

Jika pada perangkat CCTV terdapat notifikasi OSD tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.

Cara mengatasi permasalahan OSD pada IP Camera Hikvision, Your CCTV is vulnerable and can be exposed,


Untuk mematikan notifikasi OSD kalian bisa masuk menu Configutation melalui web browser kemudian pada menu sebelah kiri pilih Image dan pada tab sebelah kanan pilih OSD Setting.

Hapus semua Text Overlay jika terdapat tulisan pada kolom yang ada tanda kotak seperti di bawah ini.

Cara mengatasi permasalahan OSD pada IP Camera Hikvision, Your CCTV is vulnerable and can be exposed,


3. Matikan atau disable UPNP jika fungsi ini tidak di perlukan bagi pengguna

UPNP kepanjangan dari Universal Plug And Play adalah adalah seperangkat protokol jaringan yang memungkinkan perangkat jaringan akan terhubung satu sama lain. 

Jika fungsi ini tidak diperlukan bagi pengguna alangkah baiknya bisa di matikan atau di disable untuk menghindari permasalahan OSD.

Untuk mematikan UPNP kalian bisa masuk menu Network kemudian di tab sebelah kanan pilih menu UPNP seperti gambar dibawah ini.


Baca Juga : Mengatasi error codec Hikvision (0xe0000105)

Alangkah baiknya kalian juga menonaktifkan fitur UPNP di router yang digunakan untuk akses internet CCTV.

Sebab fitur UPNP dapat di manfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan akses tidak sah ke perangkat yang terhubung ke internet.

Dengan menoaktifkan fitur UPNP, hanya perangkat dan layanan resmi yang diizinkan untuk terhubung ke jaringan.

Jika tiga langkah di atas sudah dilakukan akan lebih safety lagi jika kalian melakukan upgrade firmware pada perangkat NVR dan CCTV ke versi terbaru.

Untuk mendapatkan versi firmware terbaru kalian bisa mengunjungi website resmi Hikvision dan cari versi firmware terbaru yang sesuai dengan type perangkat kalian.

Mungkin itu saja penjelasan saya mengenai Cara mengatasi permasalahan OSD pada IP Camera Hikvision, Your CCTV is vulnerable and can be exposed.

Jika ada teman-teman teknisi yang punya pengalaman lain untuk mengatasi kasus seperti ini bisa dishare dikolom komentar.

Semoga postingan ini bermanfaat dan terimakasih.

0 Response to "Cara mengatasi permasalahan OSD pada IP Camera Hikvision, Your CCTV is vulnerable and can be exposed,"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel