Cara memasang sensor alarm PIR Detection dengan benar

InfoSistemKeamanan.com - Sensor PIR (Passive Infra Red) adalah perangkat alarm system yang berfungsi untuk mendeteksi suhu tubuh manusia. Banyak orang mengartikan bahwa sensor pir adalah perangkat alarm system yang berfungsi mendeteksi suatu gerakan, tetapi semua itu tidak benar karena apabila sensor ini berfungsi sebagai pendeteksi suatu gerakan maka setiap gerakan yang terdeteksi oleh sensor PIR akan menyebabkan trigger alarm atau false alarm.

Dalam pemasangan alarm system, sering sekali terjadi false alarm yang disebabkan oleh sensor PIR ini. Hal tersebut terjadi karena mungkin kesalahan dalam pemasangan alat sensor tersebut. Banyak sekali hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan sensor PIR, salah satunya adalah hal dalam penempatannya.

Dalam artikel ini saya akan mencoba menjelaskan tentang bagaimana cara memasang sensor PIR dengan benar. Langsung saja berikut beberapa penempatan sensor PIR dengan benar untuk menghindari terjadinya false alarm.

Cara memasang sensor PIR Detection dengan benar

Cara memasang alarm sensor PIR dengan benar

Perhatikan wiring cara memasang PIR pada panel diatas, bahwasanya sensor pir menggunakan sistem NC (Normally Close). Jadi apabila sensor ini mendeteksi suatu suhu panas yang dipancarkan oleh manusia, rellay dalam pir akan bekerja memutuskan arus ke panel sehingga memicu sirine berbunyi dan terjadi alarm. Untuk memasang sensor PIR usahakan menggunakan power supply terpisah atau jangan ambil power supplynya dari panel. Karena tegangan dari panel mungkin akan naik turun ketika sirine berbunyi. Senosr PIR membutuhkan power supply sebesar 12Volt dan power tersebut harus stabil agar tidak terjadi false alarm.
Baca juga : Cara merakit alarm albox ACP 811
Setelah pemasangan pada panel sudah benar, langkah selanjutnya yaitu memperhatikan penempatan sensor alarm PIR. Untuk penempatan sensor pir yang benar harus memperhatikan kondisi dimana sensor pir tersebut dipasang. Berikut 2 hal yang tidak boleh dilakukan ketika penempatan sensor alarm PIR.

  • Jangan menempatkan Sensor PIR menghadap langsung ke AC (Air Conditioner)
  • Jangan menempatkan sensor PIR pada gorden pintu atau jendela

Dua hal di atas adalah hal yang penting untuk diperhatikan, karena jika memasang sensor pir menghadap langsung ke AC akan sering terjadi false alarm. Hal tersebut disebabkan karena suhu AC yang sering berubah-ubah sehingga memicu sensor pir untuk mentriggerkan alarm. Yang perlu diperhatikan selanjutnya yaitu tidak boleh memasang sensor PIR pada gorden, Kenapa demikian ?

Di dalam sensor PIR terdapat tamper yang harus selalu ditekan agar PIR bisa digunakan dengan normal. Agar tamper tersebut bisa selalu tertekan maka disarankan untuk memasang pir menempel pada tembok. Fungsi tamper tersebut yaitu jika PIR dirusak atau di copot otomatis tamper tidak akan menempel lagi dan bisa memicu terjadi alarm. Maka tidak disarankan untuk memasang di gorden karena tidak bisa menekan tamper tersebut.

Bagaimana cukup jelas bukan penjelasannya. pada intinya berhati-hatilah dalam memasang sensor PIR, karena sensor inilah yang sering menyebabkan false alarm. Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Baca juga : Cara kerja sensor Alarm Albox, Cara setting program alarm albox

1 Response to "Cara memasang sensor alarm PIR Detection dengan benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel